Ternyata Inilah Transportasi Stasiun Gambir-Bandara Halim Perdana Kusuma

image

Selfi dulu di Lapangan Tugu Monumen Nasional (Monas)

Akhir bulan Agustus 2015 lalu, saya mendapat tugas pelatihan ke Jakarta. Berangkat dari Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang menumpang Pesawat Lion Air. Kurang lebih perjalanan sebelumnya sama seperti yang pernah saya posting di sini.

Mendapat panggilan pelatihan ke luar kota (Jakarta) merupakan yang kedua kalinya di tahun 2015 ini. Kesempatan berpergian gratis (muka gratisan. Haha) ini saya manfaatkan sebaik-baiknya.

Jauh hari sebelum tanggal keberangkatan dan diinformasikan oleh bos di Jakarta, saya menyiapkan kondisi kesehatan yang fit. Mengapa? Karena kalau selagi kondisi badan tidak sehat, misalnya sakit flu, rasanya tidak “enjoy” bepergian. Apalagi urusannya untuk dinas/pekerjaan. Nah apalagi untuk jalan-jalan, tidak enak rasanya kan?

Selama 3 hari di Jakarta saya menginap di Citi M Hotel. Lokasinya di Jalan Tanah Abang I, Jakarta Pusat. Lumayan nyaman menginap di hotel yang bersebelahan dengan Kantor Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat ini.

Selain saya dari Palembang, ada teman-teman saya dari daerah lain yang diundang ke Jakarta, seperti: Medan, Bandung, Semarang, Surabaya, Bali dan Makassar.

Selama pelatihan di Jakarta berlangsung lancar. Waktu santai di hotel, sambil menikmati malam hari, kami sering berbincang-bincang dan saling curhat mengenai pekerjaan di masing-masing daerahnya. Momen seperti ini sangat jarang dan belum tentu kami bertemu kembali di tahun depan. Tergantung kebijakan kantor pusat untuk mengadakan pelatihan untuk kami. Maklum kami orang daerah jarang mendapat kesempatan pelatihan setiap tahun.

Pelatihan selesai, ada kesempatan jalan-jalan di hari terakhir sebelum meninggalkan Kota Jakarta yang bikin kangen ini (saahh..). Dari hotel ke Tugu Monumen Nasional (Monas) lumayan dekat dengan jalan kaki. Kadang berpapasan dengan beberapa warga negara asing yang mungkin dari atau mau ke Monas. Kalau ke Jakarta belum menginjak Monas, belum lengkap namanya.

Siang terik matahari pada hari itu tidak menyurutkan niat saya ingin naik ke puncak Monas. Tapi, ketika masuk barisan antrian membeli tiket masuk, petugas memberitahu lewat pengeras suara bahwa pengunjung yang akan naik ke puncak Monas sudah tutup. Aduh! Sayang sekali momen terakhir hari ini di Jakarta, saya tidak mendapat kesempatan naik ke puncak Monas.

Akhirnya pulang kembali ke hotel dengan cucuran keringat yang mengalir di kulit karena terik matahari di atas kepala. Sedih. Tapi sudahlah mungkin pada waktu yang lain bisa naik ke puncak Monas. Mungkin karena tidak mengajak istri dan anak-anak, jadi tidak mendapat kesempatan naik ke puncak Monas.

Naik Bus Damri ke Halim
Karena tinggal dua jam lagi jadwal pulang saya dengan menumpang Pesawat Citilink di Bandara Halim Perdana Kusuma, jadi saya bergegas mengemasi tas ransel saya. Kebetulan teman dari Medan juga mau pulang. Tapi pesawatnya dari Bandara Soekarno-Hatta.

Selesai check out dari hotel kami berjalan sedikit mencari bajaj. Setelah ketemu bajaj, tawar-menawar dengan sang sopir bajaj. Akhirnya kami berdua naik bajaj ke Stasiun Gambir. Cukup singkat perjalanan naik bajaj. Kira-kira 10 menit perjalanan. Kata sopir bajaj tidak boleh masuk, jadi turun di sini (di depan pintu gerbang Stasiun Gambir).

Di Stasiun Gambir kami berdua langsung ke loket Bus Damri. Di sana teman saya membeli tiket Bus Damri ke Bandara Soekarno-Hatta. Lalu saya mau membeli tiket Bus Damri ke Bandara Halim Perdana Kusuma. Sayang seribu sayang, petugas loket bilang tidak ada Bus Damri dari Stasiun Gambir ke Bandara Halim Perdana Kusuma. Yang ada hanya ke Bandara Soekarno-Hatta. Aduh! Tambah lagi kesedihan saya.

Padahal sehari sebelum pulang, saya sudah googling di sini dan di sini, ada bus Damri dari Stasiun Gambir ke Bandara Halim Perdana Kusuma. Ternyata faktanya saya tidak menemukan bus Damri tujuan Bandara Halim Perdana Kusuma.

Kata teman saya yang dari Medan, lebih baik langsung naik taxi ke Bandara Halim Perdana Kusuma. Biar lebih cepat dan tidak ketinggalan pesawat nanti. Saran teman saya turuti. Kami pun berpisah di sini.

Berjalan keluar dari Stasiun Gambir ke depan pintu gerbang, ada taxi Express sedang mencari penumpang. Langsung saya masuk dan bilang ke sopir ke Bandara Halim Perdana Kusuma.

Kira-kira 30 atau 45 menit perjalanan naik taxi dari Stasiun Gambir ke Bandara Halim Perdana Kusuma. Lihat argometer taxi Rp70ribu. Lumayan mahal ya namanya juga naik taxi. Kalau naik bus Trans Jakarta agar sedikit lebih murah, saya mau saja. Tapi waktunya mepet sekali. Lagi pula naik bus Trans Jakarta sekarang dengan tiket, bukan bayar di loket shelter bus. Ini sangat disayangkan bagi saya pengunjung Kota Jakarta yang hanya singgah beberapa hari, tapi terhalang karena tidak punya tiket bus Trans Jakarta. Tiket ini perlu diisi seperti isi pulsa dengan nilai rupiah tertentu.

image

Pesawat Citilink saya tujuan Palembang

Masuk ke Bandara Halim Perdana Kusuma, seperti biasa masuk ke bandara pada umumnya dicek barang bawaan oleh mesin Sinar X dan baju celana penumpang diraba-raba petugas. Bedanya saya tidak lagi mengantri check in di meja check in pesawat, karena sebelum check out dari hotel, saya sudah check in via internet ke website maskapai pesawat Citilink.

image

Ruang Tunggu Bandara Halim Perdana Kusuma tampak ramai penumpang.

Masuk ruang tunggu yang tampak cukup ramai para penumpang menunggu giliran dipanggil untuk naik ke pesawat. Meskipun ramai para penumpang, tampak kebersihan terjaga. Terlihat sampah bungkus makanan dan minuman langsung dipungut petugas kebersihan. Mantap!

Semoga saya bisa kembali mengunjungi Jakarta lagi di waktu yang akan datang. Sampai jumpa Jakarta!

Leave a comment

Filed under jakarta, jalan, metropolitan, pekerjaan, pelatihan

Leave a Reply

