Pergi-Pulang dengan Pesawat Terbang (2)

Soekarno-Hatta International Airport. (sumber foto: wikipedia).

Alhamdulillah pesawat Sriwijaya Air yang saya tumpangi tiba di Soekarno-Hatta International Airport, siang itu dengan lancar dan tidak ada kendala. Turun dari pesawat saya salah satu yang termasuk rombongan terakhir (nasib duduk di dekat jendela biasanya belakangan turun pesawat).

Turun dari pesawat melihat beberapa pesawat yang terparkir membuat saya takjub dan mata tidak hentinya melihat sekeliling lapangan terbang. Sebelum ambil barang dari bagasi pesawat, rasanya kurang “plong” kalau belum singgah ke toilet (hehe). Di tempat pengambilan barang bagasi pesawat, memang sudah tersedia dan ada informasi di layar LCD di tempat tersebut untuk mengambil barang-barang dari Pesawat kode penerbangan “anu”. Tidak lama kira-kira 3-5 menit tiba di sana, saya langsung menemukan satu barang saya berjalan ke arah saya dan langsung saya tangkap untuk dibawa keluar.

Sebelum keluar pintu, sejumlah petugas berjaga untuk memeriksa barang bawaan penumpang untuk menyocokkan dengan kode yang ada di tiketnya dengan kode di barang bawaannya. Pemeriksaan ini tujuannya mungkin untuk mengantisipasi penumpang membawa barang yang bukan hak miliknya. Tiket saya diperiksa dan dicocokkan dengan barang bawaan saya oleh petugas tidak berlangsung lama kira-kira 20 detik.

Karena sudah terbiasa jika tiba di Soekarno-Hatta International Airport, saya langsung menuju halte bus Damri. Di sana mengantri beli tiket tujuan ke Stasiun Gambir, Jakarta Pusat. Harga tiketnya Rp40,000 per penumpang.

Menunggu bus Damri tujuan Gambir belum juga tiba. Damri memiliki banyak bus ke sejumlah tempat. Yang menuju ke Bandung, Jawa Barat pun ada. Ke seluruh terminal bus pun juga banyak. Jadi, tiba di bandara besar ini tidak akan kesulitan transportasi publik.

Tidak lama bus dari arah kejauhan yang jadi pilihan saya muncul. Saya lari-lari kecil menuju bus itu. Khawatir tidak mendapat tempat duduk. Melihat sejumlah orang lain pun juga ikut memburu bus itu. Alhamdulillah masuk bus langsung dapat tempat duduk. Cukup nyaman dan dingin, membuat saya jadi ingin tidur. Lelah.

Kurang dari dua jam perjalanan naik bus Damri akhirnya tiba di tujuan Stasiun Gambir, Jakarta Pusat. Turun dari bus sejumlah pengojek menawari jasa untuk mengantar. Termasuk saya ditawari naik ojek. Kemudian saya tawar-menawar dengan si tukang ojek.
“Berapa ke Kantor Camat Gambir Bang?”
“30ribu pak”
“20ribu aja. Biasanya segitu”

Langsung tangan si tukang ojek meraih barang bawaan saya ke sepeda motornya. Begitu cara dia menyetujui tawaran saya. Si tukang ojek ngebut sampai-sampai sepeda motornya bergetar. Tangan saya pegang kuat-kuat besi pegangan di belakang motornya. Dag-dig-dug. Biasanya di Palembang jadi tukang ojek, eh di Jakarta jadi penumpang ojek. Hehe.

Turun di depan Kantor Camat Gambir yang terletak di Jalan Tanah Abang I, Jakarta Pusat, langsung saya kasihkan selembar uang Rp20ribu ke tukang ojek. Celingak-celinguk dimana hotel tempat nanti saya akan menginap, ternyata sebelahnya Kantor Camat Gambir. Tertulis “Citi M Hotel” di sebuah papan yang dominan warna hitam. Nah, berikutnya mencari kantor pusat saya. Ternyata sudah pindah. Saya tanya orang yang tahun 2012 lalu, di sana kantornya. Saya sebutkan nama PT kantor saya, dia menunjuk ke suatu arah sambil tangannya mengarahkan.

Ternyata belum cukup membantu arahan orang tadi, saya telepon ke kantornya saja. Minta petunjuk arah di mana kantornya. Di Jakarta sangat banyak bangunan dan perusahaan. Sayangnya sedikit yang memasang nama PT-nya di depan kantornya. Entah mungkin alasan meminimalkan biaya membayar pajak. Karena memasang nama PT harus membayar pajak. Itulah mungkin sebabnya banyak perusahaan tidak memasang nama PT-nya. Termasuk kantor pusat saya ini.

Leave a comment

Filed under kota, transportasi, traveling

Leave a Reply

