4 Tahun Bersama KPAY

image

Tim relawan (cowok) KPAY

Tidak terasa Komunitas Peduli Anak Yatim (KPAY) sudah memasuki usia 4 tahun. Minggu lalu (9/11), KPAY mengadakan acara Milad KPAY ke-4 di Venue Panjat Dinding, Komplek Sport Jakabaring Palembang. Acaranya meriah sekali dan tampak anak-anak yatim senang ikut acara ini karena banyak hadiah doorprize. Tidak hanya anak-anak, ibu mereka pun juga turut kegiatan di acara KPAY ini.

image

Anak-anak yatim berkumpul mendengarkan kakak MC membacakan pemenang doorprize.

Nah berbicara perjalanan komunitas KPAY yang sudah 4 tahun ini, banyak suka-duka yang telah dilalui para relawan KPAY di dalam setiap kegiatan sosial menyantuni anak-anak yatim.

Para relawan ini berasal dari berbagai profesi, beragam usia, ada yang sudah berkeluarga dan belum berpasangan suami/istri.

image

Saya sedang membuka sejumlah bingkisan untuk dibagikan kepada anak-anak yatim. *pencitraan* (hehe).

Apa itu KPAY? KPAY adalah sebuah komunitas nirlaba yang memiliki visi dan misi peduli terhadap anak yatim. Dalam setiap kegiatannya, KPAY melibatkan anak-anak yatim, seperti mengikuti lomba-lomba yang mengasah keterampilan, mendengarkan tausiyah dari ustadz, dan lain sebagainya.

image

Ada lebih dari 300 anak yatim yang tersebar di Kota Palembang direkrut para relawan KPAY. Mereka berasal dari beragam usia dan jenjang pendidikan (SD, SMP dan SMA).

Anak-anak yatim ini memiliki masing-masing kakak asuh yang siap dan berkomitmen membantu kebutuhan biaya pendidikan mereka. Walaupun pendidikan/sekolah gratis, tidak menutup kebutuhan sarana belajar, seperti buku, alat tulis, tas dan lain-lain, tetap membutuhkan biaya. Nah biaya-biaya itu dibantu oleh para kakak asuh KPAY.

Meskipun sudah 4 tahun KPAY, tentu saja ada kekurangan yang belum bisa maksimal dicapai. Mungkin di luar sana masih ada ribuan anak yatim yang belum kami rekrut untuk mendapatkan bantuan berupa dana pendidikan maupun ikut serta kegiatan-kegiatan yang mengasah softskill mereka (seperti: seminar motivasi).

Saya yang telah bergabung bersama KPAY sejak tahun 2011, merasakan kebersamaan sesama relawan dalam ukhuwah islamiyah yang mencintai dan menyayangi anak yatim karena Allah Subhanahu wa Ta’ala. Ada yang baru datang dan ada pula yang pergi, itu sudah biasa dalam sebuah komunitas. Relawan yang lama maupun yang baru bersinergi bersama di dalam setiap kegiatan demi kecerian dan senyum anak-anak yatim. Ada tawa dan ceria yang tampak di raut wajah mereka, rasanya saya senang sekali.

Oh rasanya indah sekali saling berbagi ini.

_________________________
*(Foto-foto oleh M.Reza)

1 Comment

Filed under kemanusiaan, sosial, teman

One response to “4 Tahun Bersama KPAY

  1. Blognya sangat menginspirasi,
    Follback blog ya🙂 | cahayatanpawarna.wordpress.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s