Kabut Asap Datang Tak Diundang

image

Hotel Jayakarta Daira tampak diselimuti kabut asap. (foto:@sakaputra, 26/9/2014).

Sudah hampir 2-3 pekan ini Kota Palembang diselimuti asap. Kadang-kadang pagi sebelum matahari terbit, ketika membuka pintu rumah, bukannya udara segar melainkan kabut asap yang malah membuat sesak nafas.

Aktivitas pagi menjadi terganggu. Apalagi anak-anak sekolah yang menuntut berangkat pagi, saya merasa kasihan mereka menghirup udara yang bercampur kabut asap pekat.

Menurut berita ini, asap berasal dari beberapa kabupaten, seperti: Ogan Ilir, Ogan Komering Ilir dan Musi Banyuasin. Kebanyakan asap ini berasal dari lahan yang terbakar.

Tidak hanya anak-anak sekolah yang sangat terganggu akibat kabut asap. Penerbangan pesawat komersil juga membuat jadwalnya berangkatnya tertunda (delay). Saya bisa membayangkan bagaimana perasaan para penumpang yang harus menunggu cukup lama sampai pihak bandara baru mengizinkan masing-masing maskapai penerbangan boleh terbang setelah kabut asap hilang.

Kadang kala kabut asap cukup cepat hilang ketika matahari bersinar terik pada pagi jelang siang. Namun pada siang hari pun asap tiba-tiba memenuhi Kota Palembang.

Dampak asap ini memang tidak setiap waktu 24 jam menyelimuti Kota Palembang. Tapi, bagi warga masyarakat dan juga saya sangat terganggu adanya asap ini. Selain membuat pernapasan jadi terganggu, mata menjadi perih.

Pemerintah propinsi Sumsel harus mengatasi penyebab asap ini. Kalau ada perusahaan perkebunan yang dengan sengaja atau tidak sengaja membuat lahannya menjadi terbakar atau dibakar, harusnya ditindak oleh aparat hukum. Orang yang menyebabkan kecelakaan di jalan raya saja bisa ditahan aparat hukum, masak perusahaan tidak bisa ditahan atau dicabut izin usahanya oleh pihak aparat hukum atas kebakaran lahan tempat usahanya.

Leave a comment

Filed under kesehatan, sosial

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s