Baru Sehari Beli Asus X200 Notebook, Langsung Masuk Service Center

image

Hampir tidak percaya yang saya dan seorang teman alami, Rabu kemarin (10/9). Ceritanya teman saya membeli Asus X200 Notebook di sebuah toko komputer (kata orang terbesar) di daerah Dempo, Palembang. Notebook memang tidak ada Operating System (OS). Jadi hanya membeli notebook yang gratis FreeDos sebagai OS bawaan notebook tersebut.

Kemudian teman saya membawa notebook berwarna pink dan masih anyar itu ke rumah saya. Mau saya tes fisik dulu sebelum dipakai sama pemiliknya.

Pertama instal Windows 7 via DVD eksternal. Awalnya lancar dan ada suara CD Windows 7 berputar secara halus (tidak ada bunyi yang aneh).

Namun keanehan tampak saat looding files Windows yang berbentuk “bar”. Hingga sampai berubah tampilan bertulis Starting Windows, notebook tiba-tiba restart.

Hampir lebih 3x mencoba instal Windows 7 selalu gagal. Problemnya selalu sama seperti di atas. Akhirnya mencoba instal Windows XP. Ah! Ternyata tidak bisa. Kemudian mencoba instal Windows 8. Pada saat instalasi dimulai, problem tampak seperti di gambar atas. Utak-atik Bios hanya merubah AHCI ke IDE dan sebaliknya. Ternyata langkah ini pun tidak membawa perubahan alias sama saja tidak berhasil.

Akhirnya memutuskan untuk membawa ke toko komputer dimana tempat membeli notebook Asus X200 ini. Di toko komputer tersebut, saya jelaskan problemnya. Oleh sales-nya meminta teknisinya untuk mencoba instal Windows 7. Katanya instalnya tidak semua, karena Windows tidak lisensi alias bajakan. Oke saya setuju.

Sambil mengamati proses instalasi Windows 7 oleh sang teknisi, problem restart terjadi sama seperti saya sebelumnya. Kira-kira 3X teknisi mencoba instal, namun tidak berhasil. Diganti dengan notebook yang baru pun juga sama alias tidak berhasil instal Windows 7. “Wah! ini kenapa sampai dua notebook Asus tipe X200 ini tidak bisa instal Windows 7 semua?” pikir saya.

Kata teknisinya, ini harus diinstal dengan CD Windows original. Kalau dengan bajakan tidak bisa. Masak sih? Selama pengalaman saya instal Windows, tidak ada problem menggunakan CD bajakan. Saya tahu teknisi dari toko komputer ini menutupi kelemahannya. Saya jelaskan kalau saya sudah mencoba menggunakan program partition magic yang under Dos ini, tidak bisa dan notebook jadi restart.

Akhirnya oleh si sales toko komputer minta agar kami serahkan saja notebook ini ke Service Center Asus di daerah Dempo, Palembang. Lokasinya tidak jauh dari toko komputer.

Pulang dari toko komputer langsung menuju Asus Service Center. Di sana saya jelas problemnya sama seperti yang saya sampaikan kepada sales dan teknisi di toko komputernya. Petugas di service center itu mencatat di komputer, lalu memberikan tanda terima notebook. Saya tanya, apa notebooknya ditinggal/diservice? Iya ditinggal dulu untuk dicek, kata petugasnya.

Keluar dari Asus service center menuju parkiran motor, saya bilang ke teman yang membeli notebook itu. “Baru sehari beli langsung service,” kata saya sambil tersenyum.

Walaupun notebook ini bukan milik saya, agaknya saya jadi kecewa atas kualitas notebook Asus X200 ini. Yang jadi pertanyaan, apa benar harus menggunakan CD original untuk instal Windows? Ya tunggu saja hasil perkembangan notebook setelah dicek oleh Asus Service Center-nya.

1 Comment

Filed under komputer, teknologi informasi

One response to “Baru Sehari Beli Asus X200 Notebook, Langsung Masuk Service Center

  1. Gak perlu pergi ke ASC gan
    Itu hanya butuh Driver AHCInya harus diinstall bersama windowsnya gan
    Caranya : ngistall pake flashdisk aja gan..jangan lupa file AHCInya ditaru diflashdisk yang buat ngistall itu … kalo mau ngistall kan ngatur partisi dulu .. disana kan ada browse – klik browse lalu pilih file AHCInya
    Tak jamin sukses
    Dulu aku pernah ngistall acer v5 keterangannya kayak gitu juga
    Selamat mencoba…!!
    Lebih jelasnya tanya ke mbah googling aja gan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s