20 Bulan

image

Mbak Naurah di atas mobil

Rabu, 26 Juni 2014 lalu, Mbak Naurah tepat berusia 20 bulan. Alhamdulillah usia yang terus bertambah ini dibarengi dengan bertambah pula “kepacak’an” (baca: kebisaan/kemampuan).

Setiap hari ada saja kemampuan Mbak Naurah tunjukkan kepada kami. Dari mulai belajar menyebut beberapa kata sampai menaiki kursi yang cukup tinggi. Misalnya, ketika saya atau ummi tinggalkan sebentar Mbak Naurah duduk di alas terpal, tiba-tiba ia sudah menuju ke kursi dan menaikinya. Sambil menunjukkan wajah yang polos dan kegembiraannya. Namun, bagi saya atau ummi melihat kemampuan Mbak Naurah seperti itu harus lebih waspada. Jika tidak diawasi dengan baik, maka tidak akan tahu apa yang terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Semoga tidak sampai terjadi.


Untuk belajar berbicara, Mbak Naurah sudah mengenal dan bisa menyebutkan beberapa nama panggilan, seperti: ummi, kakek, nenek, bunda, dedeh (baca: bu de), abah, dan lain-lain. Panggilan untuk saya seharusnya “Abi”, harus rela diganti dengan panggilan “Abah”. Ternyata Mbak Naurah sangat fasih memanggil saya dengan panggilan “Abah”. Ya sudah tidak apa-apa. Kalau perbendaharaan katanya sudah banyak, nanti diajari lagi agar memanggil saya dengan panggilan “Abi”. Hehe (maksadotcom).

Selain kemampuan berbicara, Mbak Naurah juga diajari mengenal gambar buah dan gambar hewan dari buku. Gambar-gambar hewan dalam bentuk kartun ini kelihatan jadi lebih menarik. Tidak menyeramkan seperti hewan aslinya.

Sedangkan gambar buah-buahan, tentu saja sama seperti aslinya. Mbak Naurah sudah mengenal beberapa jenis buah-buahan. “Mana buah jeruk mbak?”. Langsung jari telunjuknya mengarah gambar buah jeruk.

Secara bertahap, Mbak Naurah belajar apa saja. Belajar melihat akan meniru dan mengingat di memorinya. Ummi pernah bilang ke saya, apa pun perilaku yang kita tunjukkan di depan anak kita, maka akan ditirunya nanti. Jadi berhati-hati menunjukkan perilaku yang tidak baik ke anak kita agar tidak ditiru mereka.

Leave a comment

Filed under keluarga, naurah, rumah tangga

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s