Kenaikan BBM 1 Mei 2013?

Pengendara sepeda motor sedang mengantri isi BBM di SPBU (foto: 17 Oktober 2012)

Pengendara sepeda motor sedang mengantri isi BBM di SPBU (foto: 17 Oktober 2012)

Siapa yang ingin terjadi kenaikan bahan bakar minyak (BBM) subsidi di Indonesia? Saya pikir rakyat tidak setuju naiknya harga BBM subsidi. Karena masalah kenaikan BBM subsidi sangat terkait dengan kenaikan terhadap harga-harga komoditas penting bagi rakyat (sembako). Masalah tarik-ulur naik dan tidak jadi naik (mungkin diundur lagi) harga BBM subsidi pada 2013 ini, karena pemerintah melakukan kajian perhitungan ekonomi.

BBM subsidi memang menjadi kebutuhan penting bagi masyarakat. Terutama bagi mereka yang mempunyai kendaraan bermotor. Kita batasi yang sangat terasa kenaikan BBM subsidi adalah kalangan menengah ke bawah. Pada umumnya mereka memiliki sepeda motor sebagai alat transportasi. Sedangkan mobil kebanyakan adalah masyarakat yang memiliki perekonomian menengah ke atas.

Ya kalangan ini beruntung ikut menikmati BBM subsidi. Jika harga BBM subsidi naik, mungkin bagi kalangan menengah ke atas tidak terlalu berat karena mereka bisa menyesuaikan dengan pengeluarkan rumah tangga mereka yang dinilai konsumtif, misalnya belanja di mal, gadget, baju, sepatu, tas, dan sebagainya.

Lain halnya dengan masyarakat menengah ke bawah. Pada umumnya mereka adalah masyarakat yang memiliki penghasilan yang pas-pasan. Sepeda motor tidak hanya mengangkut penumpang. Terkadang mereka jadikan sepeda motor untuk angkutan barang.

Bagaimana kalangan masyarakat bawah yang tidak mempunyai kendaraan sepeda motor? Mereka menggantungkan pada transportasi masal yang kita tahu kondisinya seadanya. Ini hampir sebagian besar moda transportasi masal yang banyak kekurangannya, seperti tidak nyaman karena tempat duduk rusak, tidak dibatasi jumlah penumpang sehingga akan menyusahkan bagi kalangan perempuan yang terjepit dan terhimpit dengan kalangan laki-laki di dalam kendaraan umum.

infrastruktur Jalan Alang-Alang Lebar rusak parah. lokasi di depan kantor PT.Sumber Alfaria Trijaya. (foto: 5 April 2013)

infrastruktur Jalan Alang-Alang Lebar rusak parah. lokasi di depan kantor PT.Sumber Alfaria Trijaya. (foto: 5 April 2013)

Selain persoalan kenaikan BBM subsidi, juga apakah menjamin subsidi yang diberikan negara akan merata ke semua sektor penting masyarakat, seperti jalan yang rusak mendapat perhatian dan segera diperbaiki. Namun, fakta di lapangan tidak seperti itu. Jalan yang menjadi urat nadi masyarakat untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lain, ternyata memiliki alur yang panjang. Mulai dari usulan/proposal ke dinas terkait, menunggu anggaran, tender pengerjaan sampai pelaksanaan perbaikan jalan.

Kebijakan yang Pro Rakyat
Pemerintah melalui pemimpinnya sering menjanjikan pemerataan kesejahteraan bagi rakyatnya jika mereka akan maju/naik menjadi walikota, bupati, gubernur sampai presiden. Kebijakan yang mengutamakan kepentingan rakyat menjadi ‘alat jual’ yang laris ditawarkan kepada rakyat dan rakyat mengiyakan tanda setuju. Namun, pada kenyataannya rakyat sendiri harus berjuang memenuhi kebutuhan dan bertahan ketika misalnya harga-harga kebutuhan pokok naik di pasaran.

Kita kasihan kepada mereka yang berjualan kebutuhan pokok di pasar maupun yang keliling dari satu tempat ke tempat lain, sementara harganya mahal. Sehingga menyebabkan calon konsumen menurun daya belinya. Betapa sedihnya lagi, jualan mereka yang tidak laku itu harus mereka bayar kepada pemilik/kreditur. Mereka berjualan dari hasil meminjam dan tentu saja mengembalikan pinjaman tersebut ada bunganya. Bagaimana pemerintah memperhatikan mereka?

Persoalan kenaikan BBM subsidi memang sangat besar kepada hajat hidup orang banyak terutama menengah ke bawah. Pemerintah di satu sisi mengalami lonjakan yang besar terhadap BBM subsidi, sehingga menguras APBN. Rakyat ingin BBM subsidi tidak naik dan sembako tidak ikut-ikutan naik. Kemudian bagi pemerintah bagaimana agar lonjakan subsidi tidak bertambah besar dan menguras APBN. Semoga pemerintah mampu mengatasi persoalan hajat hidup orang banyak ini. Wallahu ‘alam.

1 Comment

Filed under jalan, kendaraan, metropolitan, transportasi

One response to “Kenaikan BBM 1 Mei 2013?

  1. Kalo saya di pihak pemerintah juga bakalan bingung deh untuk kebijakan BBM Subsidi ini, tapi sebenernya masih banyak juga orang yg ga berhak mendapatkan subsidi tapi masih menikmati BBM Subsidi.. agak miris juga sih..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s