Beginilah Angkutan Belanja Rumah Tangga

Seorang Ibu dibonceng sepeda motor sambil menenteng kardus yang dipangku di atas pahanya. Karena sebelah kiri dan kanan kakinya penuh barang bawaan, sehingga kakinya pun harus rela naik mengarah ke pria yang memboncengnya.

Hari Minggu pagi itu, sinar matahari belum terlalu menyengat kulit. Lalu lintas mulai sedikit ramai kendaraan bermotor yang lalu-lalang di atas Jembatan Ampera. Setiap hari banyak orang melewati jalan yang dibangun pada masa pemerintahan Presiden Soekarno itu.

Kota Palembang dibagi dua wilayah yang dipisahkan Sungai Musi, yaitu: Seberang Ilir dan Seberang Ulu. Nah, Jembatan Ampera inilah membelah Sungai Musi yang menghubungkan kedua wilayah tersebut. Sungguh banyak jasa Jembatan Ampera bagi warga Kota Palembang.

Bahkan salah satunya warga yang memanfaatkan Jembatan Ampera itu adalah Ibu yang ada di foto ini. Ia dibonceng naik sepeda motor sambil membawa barang-barang. Kelihatannya habis pulang dari belanja di pasar. Sebelah kiri dan kanannya dipenuhi barang, sehingga ibu itu pun tak kuasa harus rela mengangkang dan menaikkan kakinya lebih tinggi.

Beginilah warga kelas menengah ke bawah biasa menggunakan sepeda motor untuk mengangkut barang belanja untuk dijual kembali atau mungkin untuk kebutuhan rumah tangga. Pemandangan serupa mungkin pernah kita lihat di desa. Petani mengangkut rumput-rumput yang menjulang tinggi di belakang jok sepeda motornya. Saya pernah lihat itu di sebuah tayangan televisi. Begitu melihat tayangan itu, saya terperanjat dan kagum. Ada saja motor selain membonceng penumpang, juga bisa digunakan membawa begitu banyak barang bermacam-macam di belakang pengendaranya.

1 Comment

Filed under jalan, kendaraan, lalu lintas, rumah tangga, sosial, transportasi

One response to “Beginilah Angkutan Belanja Rumah Tangga

  1. Apa kabar palembang?
    apa kabar ampera?…:D salam kenal bang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s