Motor Harley vs Motor Bebek

Sebuah motor Harley Davidson diangkut truk. Motor gede atau moge ini harganya bisa mencapai ratusan juta rupiah per unitnya. Para pengendara motor asal Amerika Serikat ini didominasi orang yang hobi dengan motor besar.

Sampai pada 2011, ada sekitar 80 juta sepeda motor di Indonesia. Luar biasa!! Pantas saja di jalan raya saat ini banyak didominasi kendaraan bermotor roda dua ini. Tidak bisa diingkari bahwa meningkatnya jumlah penunggang kuda besi ini, menunjukkan bahwa mobilitas masyarakat semakin tinggi. Hal ini juga berarti semakin banyak masyarakat meningkat jumlah pendapatannya. Benarkah?

Nah! Sekarang lihatlah di jalan raya pada pagi hari (waktu berangkat kerja dan sekolah). Betapa melimpahnya sepeda motor memenuhi setiap jengkal ruas jalan raya. Ditambah lagi masyarakat menengah ke atas yang mengendarai mobil pribadi juga semakin banyak. Jadi, wajar terjadi kemacetan di sejumlah ruas jalan utama setiap pagi dan sore (jam pulang kerja).

Bagi pengendara sepeda motor memang tampak lebih cepat daripada mengendarai mobil. Mungkin itulah mengapa banyak masyarakat lebih memilih bersepeda motor dibandingkan menumpang mobil (pribadi dan umum). Dari sisi harganya tentu saja lebih murah sepeda motor dibandingkan mobil.

Tapi, ada sepeda motor yang hanya beroda dua itu menyaingi harganya mobil baru kelas menengah. Dia adalah motor Harley Davidson. Harga satu unitnya bisa mencapai Rp150 jutaan. Woow!! Hampir menyamai harga satu unit mobil Toyota Avanza atau Daihatsu Xenia.

Dipastikan memang tidak semua orang mempunyai motor asal Amerika Serikat ini. Karena motor Harley Davidson lebih banyak terlihat ketika momen tertentu, misalnya acara touring. Biasanya banyak pengendara motor Harley Davidson ini jalan sambil dikawal polisi.

Kalau motor Harley Davidson diadu dengan motor bebek ketika kemacetan lalu lintas, tampaknya motor Harley tidak bisa menandingi motor bebek yang gesit dan lincah. Boleh jadi motor bebek yang kecil dan tidak sepanjang motor Harley yang cukup panjang tidak bisa memotong kendaraan lain dengan lincah dan cepat. Namun, untuk di jalanan yang sepi boleh jadi motor Harley adalah pemenangnya. Motor besar yang berkapasitas 1.000 sampai dengan 2.000 cc ini bisa mencapai kecepatan 200 km per jam.

1 Comment

Filed under kendaraan, lalu lintas, transportasi

One response to “Motor Harley vs Motor Bebek

  1. Motor bebek lah yang terbaik. Motor Harley sih cuma untuk gaya-gayaan aja.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s