Kapan saat yang tepat menulis?

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kapan saat yang tepat Anda menulis? Kalau saya menulis memilih pada waktu malam hari. Terserah jam berapa saja. Asalkan belum mengantuk dan tidak kesibukan lainnya. (Lah!? sibuk apaan malam-malam?).

Dulu ketika masih aktif di organisasi pers mahasiswa (namanya “UKPM Teknokra“. UKPM kepanjangan dari Unit Kegiatan Penerbitan Mahasiswa), teman-teman mulai dari senior yang ‘menularkan virus’ begadang. Ya, menulis pada waktu malam hari. Ada yang sambil merokok dan minum kopi. Wah!! rasanya punya sensasi berbeda deh!

Meskipun ‘virus’ ini menulari saya, tidak serta ikut tertular dengan merokok. Saya sudah ‘nawaitu’ tidak akan merokok. Entah bagaimana pun mau ditawari rokok jenis apa pun. Kalau kopi, ya bolehlah!! Kopi yang benar-benar telah berhasil ‘meracuni’ saya. Beruntung tidak sampai lebih dari satu gelas sehari.

Nah, sekarang apa sebab memilih waktu tersebut (pada malam hari)? Pertama, bagi saya pada waktu malam itu suasana hening, sepi, sejuk, dan tenang (ini tergantung teman-teman yang banyak begadang atau tidak. Kalau banyak yang begadang, justru tidak konsentrasi menulis).

Kedua, karena suasana hening itu, sehingga membuat pikiran menjadi fresh seperti bangun pagi. Kelihatannya memang aneh. Ya, kadang suasana dan waktu tertentu bagi setiap orang berbeda-beda untuk menemukan saat yang tepat untuk berpikir (dan menulis).

Ketiga, mengalir saja seperti air. Ketika dua hal di atas sudah cocok, maka aktivitas yang kita sukai ini (menulis) lakukan saja. Tidak banyak pusing memikirkan salah ini dan itu. Bagaimana pun juga menulis itu sebuah proses belajar merangkai kata demi kata sehingga menjadi kalimat dan seterusnya menjadi sebuah cerita yang enak dibaca sendiri maupun orang lain.

Nah, untuk yang membaca orang lain ini memang bisa relatif apakah menarik dibaca, dikomentari sampai dikasih saran/kritik. Seharusnya bersyukur jika ada orang yang sampai memberi saran, masukan atau bahkan kritikan. Itu artinya tulisan kita dibaca!

Sekarang pilihannya ada pada Anda. Memilih waktu yang tepat untuk menulis. Pagi, siang, sore atau malam?

 

*sumber foto dari sini

1 Comment

Filed under diskusi, mahasiswa, media massa, opini

One response to “Kapan saat yang tepat menulis?

  1. Kapan saja adalah waktu yang tepat.
    Asal ada kemauan.
    Jangan jadikan alasan waktu dan tempat sebagai penghalang menulis.🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s