Bravo Timnas Indonesia!

Kegembiraan itu memang pantas diekspresikan oleh ribuan penonton yang menyaksikan langsung pertandingan semifinal Indonesia vs Filipina di Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Senin kemarin (20/12). Ditambah lagi luapan kegembiraan jutaan rakyat Indonesia yang menyaksikan dari tayangan televisi. Do’a dan harapan jutaan rakyat Indonesia kepada Timnas Indonesia akhirnya terwujud dan segera memasuki final melawan Malaysia.

Timnas Indonesia sudah sepantasnya menjadi isu utama dan perhatian publik Indonesia selama beberapa hari terakhir ini. Semua kalangan yang sebelumnya tak tahu apa-apa tentang sepakbola, kemudian menjadi sebuah daya tarik dan memberi perhatian dari setiap pertandingan Timnas Indonesia. Isu dan headline seluruh media massa pun ‘mengangkat’ keberhasilan Timnas Indonesia ini sebagai pahlawan bangsa. Dengan mengenakan baju kaos merah dan lambang Garuda Pancasila di dada sebelah kiri, seolah menjadi sebuah kebanggan mereka untuk mengharumkan kejayaan Indonesia di Asia Tenggara melalui pertandingan Piala AFF Suzuki 2010 ini.

Sejak penyisihan Timnas Indonesia vs Laos, disusul Indonesia vs Malaysia dan terakhir Indonesia vs Thailand, kemenangan berpihak kepada Indonesia. Inilah sebuah pencapaian yang ditunggu-tunggu rakyat Indonesia. Setelah sebelumnya pada 2000, 2002 dan 2004, Indonesia hanya menjadi runner up saja. Hingga akhirnya pada 2010 ini, Timnas Indonesia berhasil sampai ke babak final dan akan bertemu dengan Malaysia.

Saya yang jarang memperhatikan perkembangan sebakbola dan bukan termasuk penggemar sepakbola, mengakui bahwa kemampuan Timnas Indonesia kini yang ditunjukkan di lapangan hijau sudah semakin gesit, lincah, dan agresif. Dari melihat rekaman yang selalu ditayangkan ulang pada sebuah stasiun televisi, kerjasama para pemain Timnas Indonesia sudah selayaknya menunjukkan performa yang setara dengan para pemarin sepakbola di Eropa. Mereka yang notabane adalah pusatnya sepakbola dan menjadi sebuah industri persepakbolaan.

Dalam waktu dekat pertandingan final Indonesia vs Malaysia akan menjadi ajang perebutan Juara AFF Suzuki 2010. Pertarungan ini menjadi seolah meletakkan sebuah harga diri bangsa, apakah kita sebagai negara besar yang memiliki SDM yang banyak mampu mengalahkan negeri Jiran yang serumpun dengan kita. Memang sudah sepantasnya kita berharap bisa merebut kembali kejayaan bangsa melalui kebangkitan sepakbola yang ditunjukkan Timnas Indonesia. Kita tunjukkan kepada dunia bahwa kini sepakbola Indonesia semakin maju dan berprestasi. Saya yakin Indonesia bisa menjuarai Piala AFF 2010 ini.

Garuda didadaku…Garuda kebanggaanku…Kuyakin hari ini pasti menang!!

2 Comments

Filed under sepakbola

2 responses to “Bravo Timnas Indonesia!

  1. SMANGAT TIMNAS !!! SMANGAT INDONESIA !!
    http://www.thejampang.com
    -kaosnya jakarta-

  2. SEMANGAT TIMNAAASSS!!! Good luck! Semoga menang! “Ganyang” Malaysia!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s