Daya Tarik Berita Misteri

Berita di media massa menjadi sesuatu yang ditunggu-tunggu oleh publik. Apalagi berita yang menyangkut tentang idola mereka. Sampai urusan rumah tangga sekali pun akan dicari, dikejar dan dihadirkan ke ruang publik. Karena publik penasaran terhadap perkembangan berita idola mereka(?)

Rasa penasaran publik terhadap suatu informasi memang tidak akan pernah ada habisnya. Dari mulai gosip yang berkembang dari mulut ke mulut, lama-lama media massa (bukan infotainment, red) pun ikut-ikutan menjadikan gosip menjadi berita untuk konsumsi informasi sehari-hari publik. Karena berita tidak bisa dianggap sebelah mata. Ia mengandung fakta dan bukan rekayasa atau sekedar menduga-duga.

Sementara ada lagi yang menjadi perhatian publik. Berita yang beraroma mistik, mistis, misteri, atau tahayul membangkitkan hasrat penasaran publik. Misalnya, ditangkapnya seorang (atau sebuah?) tuyul. Tuyul tersebut dimasukkan ke dalam botol bening dan ditutup rapat. Entah dari mana orang-orang langsung percaya begitu saja (atau merasa yakin?) di dalam botol itu adalah tuyu, kemudian beramai-ramai memfoto botol bening itu. Secara akal sehat orang awam yang melihat foto itu hanyalah botol kosong biasa. Tidak ada apa-apa.

Begitulah sebagian orang menganggap percaya isi botol tersebut ada benda yang tak tampak mata. Tapi orang-orang seolah dibuat percaya begitu saja(?). Belum lagi orang-orang yang tahu informasi itu hanya dari berita, mungkin akan timbul rasa penasaran ingin melihat lebih dekat lagi.

Tahayul Mengundang Penasaran Publik
Di kalangan masyarakat sering dihebohkan tempat-tempat tertentu ada penunggunya (makhluk halus, red). Tak jarang pula informasi ini dikemas jadi berita dan mengundang rasa penasaran publik ingin lebih tahu lebih mendalam. Seperti berita detiknews di bawah ini, tentang sebuah foto dengan objek seorang anak yang pada awalnya biasa saja. Namun, setelah dicetak ditemukan gambar latar belakang pocong. Orang-orang pun dibuat penasaran ikut menyetak foto dengan objek seorang anak dan pocong tersebut. Siapa sangka foto tersebut ternyata membuat resah warganya. Atau bagi orang yang tidak mudah percaya bisa menganggap itu hasil foto melalui editing.

Fenomena ketertarikan publik terhadap berita-berita tahayul seperti ini tidak terlepas dari masyarakat Indonesia sendiri suka hal-hal yang beraroma tahayul. Karena tahayul pun sudah terdoktrin di dalam pikiran masyarakat Indonesia yang suka menonton film tahayul. Jadi, wajar saja berita tahayul pun mengundang penasaran. Termasuk penasaran saya menulis ini. Hehe.

6 Comments

Filed under budaya, masyarakat

6 responses to “Daya Tarik Berita Misteri

  1. bener banget ya mas…

    makasih banyak infonya…

    salam hangat,,,

  2. tampaknya ini semacam pembodohan n pelemah mental manusia saja..

  3. kayaknya emang udah jadi kebiasaan orang kita untuk penasaran sama hal2 yang tak kasat mata.

  4. hari gini msih prcya am nama nya pocong ? Gk bnget deh.
    Jgn prcya am yg tahayulan gt. tc pocong cma mw tenar aj nma ny !!
    Hahah ^-^

  5. Pingback: Detiknews - videoclipsfreedownload

  6. Pingback: Detiknews - Kidz Smile

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s