Menggowes Sepeda Hingga Ke Seberang Pulau

Menggowes sepeda di jalan raya, apalagi rombongan beramai-ramai pada jaman sekarang bukan hal yang aneh. Mereka membawa isu mengampanyekan “Go Green!”. Mereka pantas diberi apresiasi di tengah jumlah kendaraan bermotor kian memadati jalan raya dan menipiskan lapisan ozon.

Bahkan ada pula sebuah komunitas bersepeda di Jakarta, dalam kelompok kecil mereka melakukan touring hingga ke Pulau Sumatera (Lampung,red). Saya hampir tak percaya membayangkan hal itu. Tapi, memang benar adanya demikian. Mereka betul-betul menggowes sepeda sejauh +/- 200 km!

Dalam pengalaman saya menggowes sepeda, sebetulnya sudah dari sejak kelas 4 SD sampai 3 SMA. SD, SMP dan SMA saya pada waktu itu terbilang cukup dekat dengan rumah. Kira-kira jaraknya 2-3 km. Sepeda menjadi andalan alat transportasi yang sangat-sangat murah buat saya.

Bisa dibayangkan dan jika dihitung-hitung perbandingan dengan teman sekolah yang notabane menggunakan alat transportasi bus kota dan angkutan kota (angkot), saya bisa berbangga irit pengeluaran ongkos transportasi. Alokasi uang saku berpindah untuk mengisi tenaga dengan jajan di kantin. Hihi:mrgreen:

Sekian waktu dan perkembangan jaman yang menuntut percepatan mobilisasi, ternyata transportasi sepeda ‘terpaksa’ saya tinggalkan. Sayangnya, sepeda balap yang sering saya gunakan itu telah dijual. Ya, kebutuhan akan transportasi lain (sepeda motor,red) menuntut cepat sampai ke tempat tujuan.

Rasanya ingin kembali menggowes sepeda lagi. Jadi teringat dulu pernah menggowes sepeda dari rumah sampai seputar Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin II (pp) pagi-pagi. Pada saat itu menggowes sepeda paling jauh. Kelak saya ingin mencoba menggowes sepeda mulai dari Lampung hingga ke Jakarta. Butuh berapa hari ya kira-kira? Ada yang berminat?

2 Comments

Filed under kendaraan, transportasi

2 responses to “Menggowes Sepeda Hingga Ke Seberang Pulau

  1. Wah, enaknya.😀
    Saya SD juga suka sekali naik sepeda. Tiap sore, bareng tetangga, main sambil naik sepeda.🙂

  2. kak, biso tandingin yang pernah masuk muri kan.. gowes dari sabang sampe merauke😀

Leave a Reply

