Tarif Parkir Sepeda Motor

“Lima ratus atau seribu?” tanya saya kepada tukang parkir yang berjaga di palang pintu saat saya hendak masuk kawasan rumah toko (ruko) dekat simpang Jl. Rajawali-Jl. Veteran.

“Seribu,”katanya singkat.

“Lah! ini tertulis lima ratus. Lima ratus ya!?”saya membujuknya.

“…”tukang parkir diam saja.

Percakapan singkat di atas terjadi kira-kira dua bulan belakangan tahun 2010 ini. Tumben petugas parkir memberikan bukti retribusi parkir. Biasanya hampir tidak ditemukan petugas parkir memberikan bukti retribusi parkir sekalipun di pusat bisnis dan perkantoran.

Berapa tarif parkir sepeda motor sekarang? Semua hampir sepakat menjawab: seribu rupiah.

Bukan salah saya harus membayar sesuai yang tertulis di lembar bukti membayar parkir sepeda motor. Entah Peraturan Daerah (perda) retribusi kendaraan bermotor sudah berubah atau belum.

Sepertinya memang tidak ada lagi tarif lima ratus untuk sepeda motor. Baik sepeda motor tarif parkirnya Rp 1000. Sedangkan mobil Rp 2000 untuk sekali parkir. Kedua parkir ini pun berlaku di sejumlah mal di kota ini. Namun, ada beberapa mal sudah menggunakan sistem tarif parkir per jam, sehingga semakin lama Anda parkir tentu akan semakin mahal membayar ke petugas karcis parkir.

8 Comments

Filed under lalu lintas, transportasi

8 responses to “Tarif Parkir Sepeda Motor

  1. hohohoh… kalo bilang kan cuma 500 malah dipelototin hihihi😀

  2. kalo saya tergantung parkir dimana, kalau juru parkirnya pake seragam biasanya saya bayar seribu, kalau juru parkirnya pake baju kaos berandal saya bayar 500. Tapi ya diliat lagi jg, kl parkirnya di depan pertokoan sudah pasti saya bayar seribu. Sebisa mungkin tetep nyiapin duit seribu dan lima ratus perak, jadi sodori dulu duit kecil, kalau ditolak ganti yg seribu😀

  3. ivn

    bayar seribu,,klo gak punya receh palingan langsung kabur….😀

  4. Yah, saya mau menolak juga kasihan… menurut perda yang ada motor itu cuma 300. Tapi kasih aja 500 lah… Kalo ga ada duit 500, ya kasih aja 1000, ga minta kembalian.😀

  5. haha aku jadi inget dg tukang parkir yang rela belarian buat balikin nyosok Rp 49.500 samo pengedara motor😀

    ya cacam uji anak mudo ini…

  6. memberi uang parkir namun tidak menerima karcis parkir masuk kategori memberi kesempatan kepada orang lain untuk korupsi !

  7. kalo ngasih 1000 gak sosok lg..
    tapi kl kaseh 5oo msh terima kq..

  8. irul

    ak tukang parkir
    silahkan bayar500 tp kluarin motormu sendiri
    silahkan bayar 1000 aku keluarin n tata motormu dengan rapi

Leave a Reply

