Obama dan Inspirasi Dunia Modern

obama-ilustrationMantan anak Menteng itu kini telah terpilih menjadi Presiden ke-44 Amerika Serikat. Semua media massa (termasuk saya) memperbincangkan Barack Obama. Hampir seluruh dunia meliriknya. Ia bak selebritis papan atas yang ‘menghipnotis’ seluruh masyarakat dunia menjelang, saat dan akhir pemilihan presiden AS yang konon katanya dinilai bersejarah sepanjang perjalanan kepemimpinan AS.

Sebagian orang menganggap popularitasnya berlebih-lebihan dalam peliputan media massa. Termasuk salah satu teman saya yang geram dengan banyaknya pemberitaan tentang mantan anak Menteng itu.
“Kenapa sih semuanya (media massa,red) isinya Obama semua,”celetuknya.
Teman saya ini dan juga sebagian orang mungkin merasa bosan dengan hampir seluruh media yang memberitakan tentang Obama.

Keistimewaan Obama hadir sebagai fenomena terpilih sebagai presiden AS di awal November lalu. Semua orang sudah mengetahui bahwa ia adalah presiden pertama berkulit hitam di AS. Salah satu hal yang selalu diberitakan oleh hampir berbagai media (tanpa bermaksud SARA). Orang akan mengejar dan mencari lagi apa saja yang pertama sepanjang sejarah AS. Seperti Presiden AS ke-16, Abraham Lincoln yang dikenal menghapus perbudakan. Ia tercatat dalam sejarah yang dikenang orang hingga kini dan mungkin sepanjang sejarah AS di masa mendatang.

Tak berlebihan jika Obama menjadi inspirasi dunia modern saat ini. Dari mulai banyak buku yang diterbitkan dan menceritakan dirinya dari kecil hingga mencapai orang nomor satu di negara AS, sampai seluruh media di belahan dunia turut mengisahkan perjalanan hidup dan karirnya. Ia masih terbilang muda, punya semangat tinggi, politisi yang berjuang dari ‘akar’ dan bukan politisi dadakan yang muncul tiba-tiba menjadi presiden.

Ia bahkan menggandeng Joe Biden sebagai wakilnya yang usianya (65 tahun) jauh lebih tua daripada Obama (47 tahun). Mirip seperti kepemimpinan SBY-JK. SBY yang lebih muda daripada JK.

Jadi ingat slogan kampanye kandidat calon gubernur Sumsel, “Yang Muda Yang Berkarya”. Namun, sayangnya pasangan calon gubernur Syahrial Oesman-Helmy Yahya kalah dalam pemilihan gubernur Sumsel beberapa waktu yang lalu.

Bercermin kemenangan Obama yang dapat menjaring para pemilih pemula dari kalangan pemuda, ternyata bisa menaikkan jumlah suara untuknya. Sayangnya tidak demikian terlihat bagi pasangan Sohe pada waktu pemilihan gubernur Sumsel. Sosok calon pemimpin nomor dua di Bumi Sriwijaya tidak cukup banyak menjaring kalangan pemuda. Lagi pula Helmy bukanlah politisi muda yang bergerak dari ‘akar’ seperti halnya Obama ketika sebelum dicalonkan menjadi presiden dari Partai Demokrat.

Pemilihan presiden AS beberapa waktu yang lalu akan menjadi pelajaran yang berharga bagi para politisi yang sudah bersiap-siap menuju tangga RI nomor satu tahun 2009 mendatang. Masyarakat akan melihat dan memilih sosok para calon pemimpin ke depan. Apakah sosok calon pemimpin itu muncul tiba-tiba atau berasal dari ‘akar’ yang benar-benar serius dan peduli terhadap rakyat. Berbicara kepemimpinan RI, bak mencari jarum di atas tumpukan jerami. Akan tidak mudah mencarinya sesuai dengan keinginan masyarakat Indonesia yang majemuk ini.

Membicarakan Obama dalam konteks perjalanan hidupnya kurang-lebih akan memberikan inspirasi dunia. Tidak harus untuk calon presiden maupun politisi di parlemen, tapi semua orang minimal adalah pemimpin bagi dirinya sendiri meskipun ia bukan pemimpin di sebuah perusahaan atau organisasi.

Sumber ilustrasi: Kompas, Kamis, 6 November 2008

5 Comments

Filed under opini

5 responses to “Obama dan Inspirasi Dunia Modern

  1. rasis terselubung (alam bawah sadar) :

    dengan mengatakan “Obama, Presiden kulit hitam pertama Amerika Serikat”.
    dengan mengatakan “Hamilton, juara dunia F1 pertama kulit hitam”

    kenapa tidak kita katakan saja, “Presiden Amerika Serikat terpilih ato Juara F1 saja”

    ???

  2. Pemimpin yg muda, energik dan penuh semangat
    berharap ada obama indonesia kelak🙂

  3. akhirnya blog ini di-update hehehe ^^

  4. ayo update blog ini paling ga seminggu sekali
    ‘kan udah aku kasih award😀

    ayo Semangat!

  5. 4d3uny

    semoga saja bisa membawa perubahan baik buat negara2 di dunia….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s