Iron Man: Robot Senjata Masa Depan?

iron man film

Sebuah film superhero berdasarkan cerita fiksi dari Marvel Comics baru-baru ini ditayangkan di bioskop. Trial film-nya pernah diiklankan di beberapa stasiun televisi swasta Indonesia. Jadi teringat film Transformers lengkap dengan tampilan berbagai animasi yang memukau dan bikin seperti dalam kenyataan.

Sabtu sore lalu (3/5), saya ditemani Triana menonton film Iron Man di bioskop 21 Palembang Indah Mall (PIM). Sebelumnya saya agak lupa dengan cerita Iron Man ini. Padahal, sepertinya dulu ketika kecil cukup akrab di dengar bagi pembaca komik karya Marvel dari Amerika Serikat.

Cerita Iron Man film ini dirangkum dari seingat saya saat nonton dan menambahinya dari sumber Wikipedia agar lebih lengkap. Dalam suatu perjalanan bisnis ke Afghanistan untuk mempertunjukkan senjata baru, Industri Jericho proyektil pengeboman seikat, rombongan Tony Stark diserang dan ia diculik kawanan teroris “Ten Rings”. Mereka menginginkan Tony bekerja untuk mereka membangun proyektil Jericho.

Sebagai gantinya, Tony dan tawanan pengikutnya, Dr.Yinsen, diam-diam membangun sebuah “power armor” sederhana di dalam gua yang diawasi kamera pengintai teroris. Armor itu didesain sebagai miniatur reaktor busur lingkaran, yang lebih kecil dan dibangun oleh Tony Stark. Energi Persediaan Reaktor Busur pada sebuah lingkaran di dada Tony itu, ditempelkan elektromagnet untuk mencegah pecahan peluru meriam. Jika tidak ada itu, Tony akan terbunuh.

Namun, Dr.Yinsen terbunuh teroris ketika membuka jalan keluar yang memberi waktu cukup banyak bagi Tony untuk menginstalasi “baju perang” yang dilengkapi senjata dan siap digunakannya. Terlihat kekalahan beberapa teroris. Tony dengan “baju perangnya” menghancurkan persediaan senjata mereka, dan berhasil melarikan diri..

Tony terbang melesat ke langit dengan jet “baju perang” yang dikenakannya. Lalu, ia mendarat darurat di sebuah padang pasir. Meskipun demikian pakaiannya binasa ketika terjatuh. Tak lama kemudian ia dijemput tentara Amerika Serikat (AS) dan kembali ke negaranya (AS).

Di AS, diumumkan bahwa perusahaannya tidak akan lagi membuat persenjataan. Mitra bisnisnya, Obadiah Stane, menceritakan kepadanya bahwa geraknya dihalangi oleh anggota pemegang saham tidak lama sesudah itu.

Selama cuti panjang menghindari publik, Tony memikirkan sepenuhnya perancangan “baju perang” disesuaikan dan lebih dilangsingankan lagi. Lalu, ia meningkatkan kemampuan terbangnya. Ia juga membangun suatu mini-arc reaktor yang lebih dapat dipercaya dan kuat untuk menggerakkan seragam perangnya.

Selama penampilan publik pertamanya karena sejak pengumumannya, ia ditunjukkan gambaran tentang produksi senjata di tangan teroris. Termasuk proyektil ”Jericho” yang ia tolak untuk membangun itu untuk mereka. Ia juga menemukan bahwa Stane tengah menyediakan senjata bagi tentara AS dan teroris.

Tony berniat membatu korban peperangan dan ia terbang ke Afghanistan dengan mengenakan ”seragam perangnya”. Sampai di desa Yinsen ketika terbunuh, kemudian Tony membinasakan persediaan senjata para teroris itu. Secara kebetulan ia menarik perhatian Angkatan Udara Amerika Serikat dan hubungan militer perusahaan rombongan dan teman nya, Yakobus Letnan Kolonel Rhodes, yang menangani USAF pengembangan senjata.

Kemahiran Iron Man ditunjukkan Tony ketika diserang tiga pesawat tempur F-22 Raptor di udara. Ia ditembak rudal, namun dapat digagalkan. Serangan demi serangan bertubi-tubi terus ’menghantui’ Tony dengan baju Iron Man yang dikenakannya. Meskipun demikian, ia berhasil menyelamatkan pilot akibat bertabrakan dengan salah satu pesawat F-22 Raptor yang mengejarnya.

Film yang menghabiskan $135 juta dollar US ini memang sungguh tak terbayangkan. Betapa tidak, seorang Tony yang dilengkapi baju baja ringan dan dapat terbang dilengkapi empat jet yang keluar dari dua telapak tangan dan dua telapak kaki serta melesat di atas kecepatan suara. Bahkan setara dengan pesawat supersonik ini, bisa dengan bebas terbang kemana pun. Bak misil peluru kendali yang lebih ampuh membinasakan. Apakah ini dapat dikatakan sebuah cita-cita persenjataan canggih masa depan Amerika Serikat? Jika benar-benar dapat diwujudkan, alangkah mengerikan mesin perang ini dapat menggempur wilayah-wilayah yang dikehendaki dengan tujuan misi tertentu dengan cepat. Wallahu ‘Alam.

20 Comments

Filed under film, teknologi

20 responses to “Iron Man: Robot Senjata Masa Depan?

  1. Ehm.. Bener itu biaya pembuatan filmnya $135 dolar? Murah amat…

  2. Dulu film beginian untuk anak kecil yah, Sekarang film2 ginian disukai orang dewasa juga 😀

  3. ehem… bioskop PIM ditemani ato ditemani ;))

    tapi ending dari pilem yang dikopi kemaren aneh sangat.. di depan pers, tony cuma ngomong “i’m the iron man”.. lepas tu langsung tamat…

    gubraks…😛

  4. @KiMi: menurut sumber dari wikipedia, biaya (budjet) pembuatannya memang ditulis segitu. masa’ sih murah? kalo untuk BLT di Indonesia lumayan juga ya🙂

    @maskoko: yup, disukai karena film yang dibuat dengan cukup banyak animasi dan teknologinya ‘keren’. kabarnya, film ini (Iron Man) masih kalah jumlah penontonnya dibandingkan dengan film Spiderman.

    @andaluzzia: jaaahh…izzul bahas “ditemani”. ya iyalah biar nonton film Iron Man-nya lebih seru. Hehehe…😀

  5. doh… blom nontong… jadi pengen nontong…

  6. Au'

    Yah kl Amerika bikin kayak gituan toh kita jg bnyk dukun santet, dah maju lg sdh pake hape. Kekeke…

    #Andaluzzia : itu kan krn dia dibuatin alibi supaya nggak ngaku sbg Iron Man zul, but he want to show up, gt kan mksudnya?

  7. ivn

    sekarang masih ado dak ye dibioskop pelembang

  8. saya sudah liat dua kali..emang hebat itu film….

    tapi yang lebih hebat lagi adalah kenyataan bahwa Iron man benar-benar akan menjadi kenyataan,..nggak sekedar film ato komik doang..

    saat ini pemerintah US lagi ngembangin baju besi (atau baju robot) yang akan membuat para prajuritnya menjadi ribuan kali lebih kuat di banding sebelumnya..

    kalo baju ini udah jadi, tinggal di tambah persenjataan, ditambah kemampuan terbang (jet pack ?), & tambah UI yang canggih (ini juga lagi dikembangin) jadi deh iron man…

    kalo mau baca tentang ini bisa dibaca di blog saya… (^_^)..hehe..

  9. @ eriek😀

    @ au’
    that’s the point.
    emang kalo dia manusia setrikaan kenapa?😛

  10. saya udah nonton neh film, keren banget deh!

  11. iron man mempan dengan senjata tradisional Indonesia nggak ya..santet ??

  12. @xvader: duuhh…kasihannya belum nongtong. mau nongtong di mana? di Bandarlampung bioskop 21 udah ditutup tuh. kasihan ya, di sini gak ada hiburan nongtong bioskop lagi. hiks *sedih😦

    @Au’: omasak? iya deh percaya sama Mas Au’. hihihi… ;))

    @ivn: lah? belum nongtong ya van? jaaahh….telat

    @Rizal Akbar: wah…iya keren. saya sudah ke blog anda. sebuah teknologi yang dikembangkan AS, namun publik dunia (mungkin) banyak tidak tahu itu. kecanggihan AS mengembangkan persenjataan tak diragukan lagi. membayangkan di masa mendatang perang apakah seperti di film “Star Wars”? Wallahu ‘Alam

    @andaluzzia: Iron Man itu manusia ‘strikaan’ ya? wekekeke….:mrgreen:

    @cipluq: oh, sudah nongtong. pantesan bahagia. btw, nongtong sama saya mbak? *penasaran mode “on”😀

    @iman brotoseno: iya ya mas. perlu diriset dulu oleh para akademisi kita. kira-kira mempan gak ya oleh santet?🙂

  13. ga hobi nonton bioskop….
    tar cari dvd bajakannya ajah…

  14. yang jelas iron man superhero paling narsis yang gw pernah tonton!😀

  15. Salam kenal mas Eriek.
    Sedikit menambahkan rujukan dari komiknya.
    * Untuk beberapa lama ,dari tahun 1970-an sampai 1990-an, Iron Man disamarkan Tony sebagai pengawal pribadinya. Meski sekarang dengan UU Superhero Registration Act identitas publik Iron Man sudah terungkap. So bagi beberapa fans komik Iron Man, pasti tersenyum simpul melihat scene tsb🙂

    * Jarvis yang di film hanya bagian dari AI di kediaman Tony, di komik adalah pelayan Tony dan teman-teman superheronya di Avengers Mansion/Tower. Seperti Alfred-nya Batman.

    *Untuk beberapa penonton yang beruntung menyaksikan closing scene setelah end-title akan melihat hint bagaimana komandan SHIELD (singkatan dari dinas rahasia dengan nama super panjang yang menghubungi Pepper dan Tony di film) ,Nick Fury (diperankan oleh Samuel L Jackson), menemui Tony dan membicarakan kemungkinan pembentukan Avenger. Di salah satu timeline Marvel Comic, Ultimate-timeline, Nick Fury memang digambar berdasar karakter Sam L Jackson.

    Tentang scene dogfight yang dilanjutkan penembakan misil BVR oleh Raptor. Bukannya hanya ada 2 Raptor ya ?

  16. tayangin di tv donk kynya seru banget . . .please!

  17. koleksi gue dunia tegnologi

  18. adzani

    aku punya koleksi iron man lengkap dengan manannya

  19. saya akan merancang reaktor busur teknologi untuk masa depan.. ternyata saya menemukan teknologi rancangan khusus untuk reaktor tersebut.. smoga alat ini berguna untuk saya dan masa depan saya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s