Pelatihan Blog Tingkat Dasar Episode Dua

pelatihan

Sosialisasi tentang blog perlahan-lahan mulai dikenalkan di kampus saya. Karena melihat perkembangan blog yang belakangan ini sudah mulai cukup dikenal banyak masyarakat, maka sudah seharusnya pengenalan tentang blog di kampus saya pun dimulai. Bukan sekedar tren sesaat seperti social networking macam situs friendster dan facebook. Blog yang ditulis secara personal memiliki pengaruh besar di dunia maya.

Inisiatif pentingnya memiliki blog ternyata telah dimulai teman-teman BEM KBM Unila dengan mengadakan workshop membuat blog tingkat dasar untuk mahasiswa yang diadakan beberapa waktu yang lalu. Ketika itu peserta yang ikut tidak hanya mahasiswa Unila saja, tapi sebagian ada mahasiswa dari Metro, sebuah kota yang berjarak sekitar 50 KM dari Kota Bandar Lampung. Waktu itu saya yang diminta sebagai instruktur pelatihan blog yang diadakan dari pagi hingga sore itu.

Kini saatnya saya berinisitif sendiri mengenalkan kembali tentang blog dengan mengadakan workshop membuat blog. Ide merancang kegiatan itu pun secara tiba-tiba. Kira-kira untuk mempersiapkan workshop itu hanya butuh satu minggu sejak ide saya muncul.

Persiapan tidak cukup banyak. Menyebarkan publikasi tentang workshop itu dan ditempel di sebagian laboratorium komputer fakultas masing-masing di kampus. Sebagian ada pengumuman itu saya tempel di depan warnet yang masih dekat dengan kampus.

Sebelum hari H, hanya dua peserta yang mendaftar. Saya agak sedih. Waktu itu sempat berpikir akan membatalkan dan menunda waktu workshop. Mungkin masa pendaftaran diperpanjang selama satu minggu ke depan.

Daripada bingung sendiri, akhirnya saya minta pendapat teman-teman saya. Mereka mendukung untuk tetap meneruskan workshop itu. Ya, meskipun hanya dua orang saja yang mendaftar. Oh ya, waktu itu saya tetapkan biaya pendaftaran mengikuti workshop itu sebesar Rp50ribu per orang. Kemahalan ngga?

Meskipun hasilnya belum cukup memuaskan karena hanya dua orang peserta, tapi hal itu tak mengurangi niat saya untuk terus ‘istiqomah’ menyoalisasikan blog bermanfaat bagi semua kalangan mahasiswa. Dari dua ini, mudah-mudahan mereka bisa ‘meracuni’ teman-temannya ikut pelatihan blog yang akan datang. Siapa yang berminat mengadakan workshop membuat blog lagi?

Dengan dua peserta, tapi cukup interaktif. Mirip kursus privat, meskipun saya belum pernah jadi guru privat kaliling mengajar para siswa. Ngga bakat. Tapi, kemarin minggu sejak pukul 9 pagi-3 sore, mereka (dua peserta, red) terlihat semangat mengikuti workshop blog yang saya bimbing.

Materi blog menggunakan wordpress saya kenalkan kepada mereka. Awalnya ingin mengenalkan engine blog menggunakan blogspot, tapi sayangnya hari blogspot tidak bisa diakses. Ya sudah, cukup mengenalkan wordpress saja. Walaupun dari segi tampilan wordpress yang baru versi 2.5 cukup membingungkan buat saya. Susunan menu-menu di dashboard-nya banyak berubah. Sedikit-sedikit saya pun sambil belajar mencoba-coba menu wordpress itu.

Di akhir workshop blog itu, saya tak lupa mengenalkan blog Unila. Ya, tentu saja aksesnya lebih cepat karena server blog Unila ada di gedung itu juga. Menu dashboard-nya sama seperti wordpress versi lama. Nah, kalau dashboard wordpress yang lama sudah lumayan paham dan mudah meskipun masih cukup ada kekurangannya. Mulai dari template yang masih sedikit dan plugin yang sedikit. Tapi, intinya bisa digunakan oleh civitas akademika Unila. Hehe…

Akhirnya saya ingin mengucapkan terima kasih kepada teman-teman yang telah mendukung hingga acara ini berlangsung dengan sukses. Mereka adalah Johan dan Redha yang sudah bersusah payah meluangkan waktu menyediakan konsumsi mulai dari snack sampai makan siang. Lalu, Mbak Fierda dan Arka yang mau menjadi partner diskusi memberi saran untuk membuat acara ini.

Acara ini disponsori oleh BBS Unilanet. Sampai ketemu di workshop membuat blog berikutnya. Tunggu kabar berikutnya bagi yang ingin membuat blog. Kita akan jadikan kampus ini menjadi kampus yang terblogisasi seperti kata Presiden Blogger Indonesia Enda Nasution.

7 Comments

Filed under blog, diskusi, mahasiswa, pelatihan, teknologi informasi, unila

7 responses to “Pelatihan Blog Tingkat Dasar Episode Dua

  1. TIM's

    eitu salah, fs dan fb bukan social engineering tapi social networking.🙂

  2. @Tim’s a.k.a Rio: oh ya, salah dink. segera aku benerin deh. makasih yo koreksinya🙂

  3. Au'

    Eh msh salah dikit, sosial tu hrsnya social😀

    *Itu cewek tersangka suatu kejahatan y? kok nutupin muka? ;))

  4. semangat eriek …..!!!
    Selamat berjuang…!!!!
    jangan lupa… luruskan niat!!!
    biar di beri Allah yang lebih baik…Amin

  5. @Au’: ya ampun…salah lagi. segera aku rubah deh. *capek bolak-balik login karena salah mulu😦
    *itu cewek ngga mau narsis difoto. malu dia🙂

    @jafis: terima kasih atas dukungannya bro jafis. insya Allah niatnya lurus kok. ngga belok kemana-mana. *loh kok? Hehe…

  6. kyaa ! kyaa !
    pak instruktur eriek !
    😀

  7. Boz, kalo ada latihan-latihan dasar beserta hand outnya di terbitin dalam satu thread blog.
    Lebih pada persoalan teknis, juga tambahan-tambahan yang bisa dipasang di blog. Misalnya bagaimana menambah hitcounter atau StatView. Juga memanage setting tampilan muka. Thengkyu verimut.

Leave a Reply

