Kapanlagi, Jurnalisme Infotainment dan Wongkito

kapanlagiSebuah foto perempuan cantik disertai artikel yang cukup panjang termuat di halaman website. Perempuan itu mengenakan pakaian berwarna kuning keemasan dan dua anting gelang yang cukup besar melekat di kedua telinganya. Rambutnya yang panjang dan ikal, perempuan itu menyebarkan senyum.

Perempuan itu adalah Luna Maya. Ia menjadi icon website atau portal dari Kapanlagi.com. Sebuah Website atau postal hiburan yang cukup berani mengontrak Luna Maya sebagai foto model icon di website/portal itu. Tentu saja sebagian orang Indonesia pasti sudah akrab mendengar nama Luna Maya sebagai artis yang cukup populer di tanah air.

Melihat perkembangan informasi hiburan di era teknologi informasi dan komunikasi yang semakin cepat belakangan ini, khususnya media elektronik macam website/portal, sudah mulai cukup diminati masyarakat publik. Apalagi tersedianya beragam informasi hiburan tidak saja hanya tersedia dan didominasi stasiun televisi swasta.

Penyajian informasi hiburan yang dikonsumsi publik notabene dipopulerkan para jurnalis infotainment, baik dari media cetak maupun televisi. Bahkan, melalui media internet ini pun juga dilakukan para jurnalis yang bekerja di website/portal hiburan. Selain Kapanlagi.com, ada beberapa website/portal yang menyajikan informasi seputar artis/selebritis secara up to date, antara lain: detikhot, okezone celebrity, seleb tv, dan masih ada lagi website/portal informasi tentang artis/selebritis.

Kapanlagi.com misalnya. Website/portal yang mulai beroperasi sejak Agustus 2003 lalu ini, kini tidak hanya menyediakan informasi seputar artis/selebritis saja. Selain itu, ada yang cukup menarik dari website/portal yang berkembang mulai dari layanan SMS Alert ini dibandingkan dengan website/portal berita artis dan infotainment lainnya. Kapanlagi.com memiliki kanal yang cukup banyak, antara lain: KL News, KL Foto Selebritis, KL Kartu Ucapan, KL Face, KL Humor, KL Kamus, KL Radio, KL Upload, KL Forum, KL Album, Jadwal Bioskop, KL Wallpaper, KL Hot Mobile, dan KL Wap.

Dengan tersedianya 14 kanal ini, portal yang memiliki slogan “Kalau bukan sekarang KapanLagi?” ini cukup diminati para pengunjungnya yang tidak sempat menonton tayangan infotainment artis/selebritis. Mereka (pengunjung,red) mendapat kemudahan mencari berita-berita up to date tentang artis dari internet seperti portal Kapanlagi ini.

Selain informasi yang tentang artis/selebritis, yang cukup meningkatkan tingkat pengunjung ke portal Kapanlagi ini karena menyediakan kanal “Kapanlagi Face” yang menjaring komunitas pertemanan, seperti portal social enginering Friendster yang telah cukup populer sejak tahun 2004 lalu di Indonesia.

KapanLagi Menggaet Wongkito
Agar sebuah portal berita infotainment selalu dikunjungi dan meningkatkan rangking dalam pencarian berita tentang artis/selebritis, diperlukan sebuah promosi dengan memasang iklan. Seperti Komunitas Blogger Palembang Wongkito beberapa waktu lalu, mendapat kepercayaan dari manajemen KapanLagi untuk bekerjasama dengan memasang iklan pada agregator Wongkito selama satu tahun. Tentu saja hal ini sangat positif dalam meningkatkan positioning Komunitas Blogger Palembang ini di kancah dunia blogspere di Indonesia.

Dalam waktu dekat ini pun, Komunitas Blogger Palembang Wongkito hendak menggelar acara Blogger Day. Yang menggembirakan komunitas ini diliput oleh Harian Kompas yang menceritakan secara singkat keberadaan Komunitas Blogger Palembang Wongkito ini sekaligus promosi kegiatan ini nanti. Tidak hanya itu saja. Kerja keras serta semangat juang Ketua dan para pengurus Wongkito yang tinggal di Palembang sejak beberapa waktu lalu telah dimulai. Acara ditetapkan akan digelar pada hari Kamis, 1 Mei 2008 mendatang ini, mengundang seluruh para blogger yang tinggal di Palembang. Tidak menutup kemungkinan akan mengundang para peserta yang belum memiliki blog. Siapa tahu kelak mereka (peserta, red) tertarik ikut ngeblog setelah mengikuti acara ini nanti. Seperti keinginan dari teman-teman Ayongeblog, tahun 2008 ini ingin mencapai target sebanyak satu juta blogger Indonesia. Semoga cita-cita itu terwujud.

15 Comments

Filed under Uncategorized

15 responses to “Kapanlagi, Jurnalisme Infotainment dan Wongkito

  1. Pingback: Media Districts Entertainment Blog » Kapanlagi, Jurnalisme Infotainment dan Wongkito

  2. rajaiblis

    sip … satu juta blogger !

  3. no komeng yet…
    WongKito and KapanLagi is great🙂

  4. Ihhh luna maya emang cantikkk… secantik persahabatan di wongkito kali yahhh..😀

  5. yup, acaranya untuk umum juga Riek

    btw

    … mengontrak Luna Maya sebagai foto model icon di website/poral itu.

    poral?? Haha Jafis™

  6. Pingback: next billionaire blog | One Step Forward

  7. Pingback: News » Blog Archive » Kapanlagi, Jurnalisme Infotainment dan Wongkito

  8. Haaa…
    Di header, kenapa foto yg ceweknya ga ada?
    :((

  9. @rajaiblis: sanggup memcapai 1 juta blogger tahun 2008 ini?

    @Aditya Wirawan: bukannya secantik sarah™?😀

    @rd Limosin: yeh…sudah aku ganti poral menjadi portal. Hehehe…😛

    @Nike: header foto cewek nanti ada di edisi berikutnya. ditunggu saja Nik🙂

    @Nitz: silahken copas. eh, copas itu penunjuk arah itu kan? Hehe…😀

  10. TIM's

    Ctrl+A
    Ctrl+C
    dan buka blogku
    klik New Post
    Ctrl+V😀

  11. Pingback: TIM's Memorabilias

  12. Pingback: Kita Semua yang Satu Semangat: Mengajak Orang Lain untuk Menjadi Blogger | Ayo ngeBlog!

  13. Luna Maya Is The Best deh… (“_”) !!!

  14. Pingback: Kilas Balik Wongkito « si Ria dari asrama Ravenclaw

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s