Beri Pelatihan Blog untuk Mahasiswa

blogger mahasiswa unila

Senang sekali hari Minggu kemarin (6/4), saya dipercaya panitia penyelenggara untuk mengisi pelatihan pembuatan blog tingkat dasar untuk mahasiswa. Acara yang digagas oleh teman-teman BEM Unila ini pantas disambut dengan antusias dari para peserta yang mengikuti acara itu. Sabtu kemarinnya mereka mengadakan pelatihan desain.

Sedikitnya ada kurang dari 40 peserta yang mengikuti sesi pelatihan pembuatan blog yang saya bimbing sejak pagi hingga sore hari. Kira-kira 6 jam lamanya saya berada di kelas yang agak panas bersama mereka. Maklum, AC di ruang kelas sedang rusak. Jadi, panitia hanya menyediakan beberapa kipas angin. Saya lihat para peserta terlihat kepanasan. Sehingga selama acara berlangsung agak maklum dengan masalah pendingin udara yang tidak berfungsi dengan baik.

Di kelas sebelum memasuki sesi tentang bagaimana cara menggunakan blog, saya jelaskan terlebih dahulu apa itu blog? Sedikitnya saya kasih gambaran bahwa blog bukan sekedar tempat curhat (curahan hati,red). Tapi, bisa lebih dari itu. Bahkan, sebuah tulisan di blog bisa mempengaruhi para pengunjung blog itu.

Kebanyakan para peserta memang belum akrab dengan namanya blog. Tapi, ada sebagian saya perhatikan memang sudah paham. Malah, ada yang sudah punya blog. Mungkin mereka ingin lebih memperdalam pengetahuan tentang blog dari materi yang saya ajarkan kepada mereka.

Antusias mereka mengikuti pelatihan saya ketika itu cukup bagus. Dari beberapa langkah-langkah pembuatan blog yang saya jelaskan melalui slide dari komputer, kelihatannya mereka cukup mengerti. Meskipun sedikit dari mereka bertanya. Ya, maklum disuruh tanya malah lebih banyak diam. Tandanya mengerti atau belum, saya anggap mengerti saja deh. hehe..

Jenis blog pertama saya jelaskan tentang blogspot. Dari mulai mengunjungi blogspot yang beralamat di http://www.blogger.com/ lalu mendaftar di sana secara gratis. Bahkan, fasilitasnya sudah menyediakan berbahasa Indonesia. Jadi, cukup mudah mendaftar dan mengisi persyaratan yang diminta di sana.

Kesulitan terjadi ketika memasukkan logo sponsor pada masing-masing blog peserta. Ada kode HTML yang harus dimasukkan. Peserta terlihat bingung. Ya, ada yang berhasil. Tapi, ada juga tidak berhasil meskipun dengan susah payah. Di sesi ini yang cukup memakan waktu yang lama untuk melanjutkan sesi lainnya yang belum diberikan.

Menjelang akhir sesi penutup, saya sempatkan bahkan harus memberikan materi tentang blog satu lagi. WordPress. Peserta saya minta agar lebih memperhatikan penjelasan saya secara serius tentang blog yang menggunakan wordpress. Tentu saja menggunakan blog unila. Hampir sama seperti blogspot, saya jelaskan mulai dari cara mendaftar hingga terbentuk blog yang dimiliki masing-masing peserta. Tak ada kesulitan karena akses cukup cepat untuk membuka fasilitas blog unila. Maklum saja. Server blog-nya ada di gedung Puskom itu. Hehe…

Kira-kira menjelang pukul 4 sore, sesi pelatihan pembuatan blog harus segera saya tutup. Panitia telah meminta saya untuk segera menutupnya. Tapi, saya meminta beberapa kali untuk memperpanjang beberapa menit hingga para peserta paham tentang blog Unila. Akhirnya acara selesai dengan ditutup penyerahan plakat dari panitia buat saya sebagai pengisi materi tentang blog untuk mahasiswa tingkat dasar. Senang sekali akhirnya selesai.

Di luar gedung, panitia dan peserta berfoto-foto bersama. Senyum dan keceriaan tampak dari wajah mereka sudah selesai mengikuti pelatihan selama dua hari sejak sabtu hingga minggu. Ehm, kapan lagi ya ada acara seperti ini lagi? Saya masih ingin memberikan pelatihan blog suatu saat nanti. Tak dibayar tak apa deh. Demi edukasi dan pengabdian masyarakat agar melek IT. Semoga.

9 Comments

Filed under unila

9 responses to “Beri Pelatihan Blog untuk Mahasiswa

  1. ivn

    belom dibaca..
    komen dulu..

  2. Hwa.. eriek toh yg jadi pengisi materinya.. wah hebat.. kok gak ditulis di sini blog2 mereka yang baru dibuat itu..

  3. keren euy

    cuma aku baru liat tuh header blog ini.. he… lucu

  4. Mukanya serius sekali Pak, hehehe.

  5. Au'

    Rapih + klimis = kapan kawin??? Hehehe… Piss😀

  6. wehehehehe…
    kok cuma foto yang itu kak dipasang? aku lagi kusut2nyo😛

  7. TIM's

    mana kapanlagi-nya mana?😀

  8. Pingback: Pelatihan Blog Tingkat Dasar Episode Dua « The World of Eriek’s Written

  9. blog informasi tentang kompetisi pelajar/mahasiswa di th 2009

    http://ajangkompetisi.wordpress.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s