Perang Tarif XL Bebas Mengalahkan Tarif IM3?

Perang tarif murah percakapan dari sejumlah operator seluler tidak terhindarkan lagi. Mereka saling klaim tarif percakapan di operatornyalah yang paling murah di antara operator lainnya. Para pelanggan otomatis dibuat bingung dengan mulai ramainya promosi tarif murah di sejumlah iklan media massa.

Contohnya saja operator XL dengan produk andalannya, XL Bebas, tarif murah sebesar Rp 1/detik yang sudah lewat masa berlaku tanggal 17 Januari 2008 lalu. Kemudian promo operator seluler yang sahamnya banyak dimiliki Kelompok Rajawali di Bella Saphire Ventures Ltd. ini, malah menurunkan tarif percakapan menjadi Rp 0,1/detik dan berlaku sampai dengan 30 April 2008.

Namun, fakta di lapangan XL Bebas awalnya sudah terlanjur mengklaim operator yang memiliki tarif percakapan yang paling murah, ternyata kompetitor operator Indosat IM3 malah memberanikan diri mengeluarkan tarif yang lebih murah daripada XL Bebas ketika itu, yakni Rp0,01/detik selama dua bulan hingga 30 April 2008.


Tapi, setelah saya membaca dan membandingkan di sumber ini, tarif IM3 malah lebih murah sebesar Rp 0,00000000001/detik. Jadi membingungkan, mana yang benar ya?

Tak ingin mengalah dari perang tarif selama ini, XL Bebas akhirnya memberanikan diri menetapkan tarif percakapannya menjadi Rp 0,00000..1/detik atau menelpon sepuasnya ke sesama operatornya hanya Rp600,- saja. Tarif pecakapan tersebut berlaku mulai 5 Maret 2008 ini dan belum diketahui sampai batas waktunya.

Perang tarif sudah tak terhindarkan lagi. Bahkan, di Medan dua buah billboard terpasang berdampingan Telkomsel menyindir iklan XL dengan tarif murahnya. Belum lagi ditemui sejumlah iklan yang dibuat masing-masing operator seluler saling menyindir tarif yang ditetapkanya. Sepertinya tidak akan usainya perang tarif ini. Mungkin suatu saat operator seluler memberi gratis pelayanan jasa telekomunikasinya hingga batas tertentu. Tidak terikat lagi dengan lama percakapan durasi detik atau setelah mencapai menit kesekian. Tapi, memberikan pelayanan gratis percakapan selama satu bulan misalnya. Sepuas-puasnya sampai lemas baterainya. Hehe…

nelpon

Dari semua perang tarif dari para operator seluler di iklan itu, tidak terlepas dari service atau pelayanan yang menjanjikan bagi para pelanggannya. Jangan sampai kasus seperti jaringan sibuk di saat darurat seperti ingin menghubungi seseorang untuk memerlukan bantuan medis, malah jaringannnya sibuk dan tidak bisa digunakan. Akhirnya, orang yang hendak ditolong tersebut gagal mendapat pertolongan.

Akhirnya, saya pun ‘terpancing’ iklan yang sudah semakin ramai di media cetak maupun elektronik penawaran XL Bebas. Kemarin sore, saya ditelepon Triana. Ia bilang mencoba-coba menelpon menggunakan fasilitas gratis di XL Center yang dekat dengan kantor tempat ia bekerja. Ngobrol sejenak, kemudian saya minta tolong kepadanya untuk mengaktifkan nomor saya yang sebelumnya XL Jempol menjadi XL Bebas melalui Costomer Servise (SC) XL Center Palembang. Tidak lama kemudian, Triana, penyuka cerita Harry Potter ini sms ke saya. Tertulis dengan gaya bahasa Palembang, kurang lebih seperti ini katanya, “Kak, nomornyo lah diaktifke ke XL Bebas. Jadi kalo nak ngisi pulsa, minta bae isike XL Bebas,”kata Triana. (Makasih ya atas bantuannya. Sebenarnya dari kemarin-kemarin ingin migrasi sendiri ke XL Center terdekat di Bandar Lampung. Tapi, karena malas ke sana, ya akhirnya dibantu Triana. Jadi merepotkan. Hehe…)

14 Comments

Filed under HP, teknologi informasi

14 responses to “Perang Tarif XL Bebas Mengalahkan Tarif IM3?

  1. yang penting pelanggan itu cerdas, tidak mudah terpengaruh oleh iming2 promosi yang ngakunya murah.. ternyata mereka gak transparan

    ridu juga dulu pake XL, eh gara2 smsnya mahal ridu pindah ke m3 deh.. ternyata m3 juga ikut2an perang tarif, ya untungnya ke planggan deh..

  2. semuanya nggak transparan tuh..pasti ada akal akalannya..he he

  3. di sumatera rp.300 dari jam 11 malem sampe jam 11 siang.
    asik.

  4. edy

    kalo prabayar bisa punya tarif murah
    kenapa pascabayar tetep mahal??
    pdhl jelas-jelas kami pelanggan setia

    *ngedumel ga jelas*

  5. holoh…
    kayaknya bohong belaka tuh! ujung2nya malah mahal juga!
    saya nelpon sekitar jam 7 pagi, pake xl bebas, kesesama nomor xl bebas, eh biayanya malah 1200an lebih!
    apa karena beda zona yah? saya di bandar lampung, sedangkan nomor satunya di jogja?

  6. Dari Telkomsel
    Punya Indosat
    Mau ?

  7. kenapa harus telp Triana??

  8. vyta

    tarif murah yang di iklan kan xl bebas hanya kebohongan belaka. saya tergiur dengan tarip murah nya dengan harga 600 / detik. tapi nyatanya tidak seperti yang di iklankan. saya menelpon teman ke operator lain selama 8 detik jumlah tarif potongan Rp 1500. kemudian saya menelpon teman sesama xl bebas selama 3 menit dengan biaya Rp 5800. padahal saya nelpon jam 08 pagi sesama wilayah batam.
    dasar pembohong

  9. vyta

    maaf maksid saya pembuatan iklan dengan harga Rp 600 sampai puas itu tidak benar

  10. Dewa

    Emang tarif sekarang harus lebih transparan,jangan akal-akalan belaka.Yg ujung2nya pembohongan trhdp masyarakat.KLo bikin iklan murah gt aj saya jg bisa……………Contoh ya!!
    “MAu…?? Tiap tlp dapet kambing!!!
    Nb:Setelah percakapan 5 hari dngn tarif Rp2000/Detik.
    Namanya Kambing Bebas Celuller

  11. http://tarifpromogsmindonesia.blogspot.com/
    update terbaru..
    silahkan dilihat,,
    trima kasih..

  12. hm…jd pngen curhat soal tarif operator jg neh…
    haehiaeuhiauhe

    klo aku HAMPIR pny semua jenis operator…hehehe
    tmn2 bilang aku tukang pulsa..
    padahal sm skali ngga tuh…hahahahha

    operator mang tukang boong smua..
    makanya aku pnya HAMPIR smua jnis operator

    hp ku jg jd mendadak bnyk..hahahah
    krn komunitas ku jg seh…

    klo di gereja, bnyk yg pke im3 & esia…jd aku lebih bnyk pke 2 operator itu
    dan inet di hape pke im3 murah, bikin YAHOO messenger aku OL 24 jam..hhahaha
    ms 3hr cm Rp.1000 padahal makenya siang2. SEKARANG, klo sms pke im3 jg dah murah..sekalipun hrs sms 10x dulu..br bs murah…hahaha..biasanya aku sms sm tmn2 gereja ku..PUAAASSS…smpe jari kriting tuh..hahahahah

    klo di kampus, lbh bnyk pke esia doank…jd..aku ya tetep ber-esia ria..

    di kantor..kebanyakan pke telkomsel.. jd aku jg bawa simpati ke kantor…kartu AS ada di “kotak SIM CARD” buat standBY klo simpati mendadak ke abisan pulsa

    klo mentari, axis & 3 aku pke di rumah buat standBy aja…(buat internet biasanya) apa lg axis lg gratis inet-nya(sayangnya axis cm bentar gratisnya)

    klo XL jempol dan bebas…hm…jarang tmn ku pke nomor ini..bisa di itung jari deh..jd..2 nomor ini jarang di pake, kcuali “darurat” atau..kebetulan pngen ngbrol/sms bnyk ke tmn yg pke Xl jg.INTE PKE XL MUAHAAALLLL (mending ga pke deh!!!)

    dulu…nyokap pke FREN, krn klo tlp ke luar negri murah bgt… tlp ke Aussie hampir 45 menit, cm 25rb…skrng dia dah ganti esia…krn komunitasnya esia smua(termasuk org seisi rmh), tp, klo tlp ke luar negri pke esia MUAHAALLL….hahahhaha…lg pula dia ga terlalu pke bnyk tuh pulsa..

    ade ku setia sm esia n simpati…krn komunitas dia pke telkomsel…kadang dia nebeng jg pke im3 ku..buat chatting..

    klo bokap…simpati ONLY!!! dia ga mo pusing2 soal tarif operator. ga mo sibuk pke bnyk haPe…

    dan untuk sementara…aku blm pke smart dah hepi or ceria…..jd…..no comment buat jenis yg itu…haieuhaieuhiahe…..

    KESIMPULANNYA:
    aku pke esia + im3 + simpati yg dah pasti 24 jam ONLINE
    krn, 3 nomor itu sudah pasti ku bawa kemana2…dan krn komunitas ku..
    klo nomor yg lain kadang2 aja idup…hahahhaha..tergantung kebutuhan, br di idupin..
    haieuhaieuhiauehiauhe

  13. oh iya…ada lg yg belum ke sebut..
    buat FLEXI..hm..sorry deh..aku benci sm produk TELKOM..gara2 telkom rumah+telkom speedy..jd aku ga minat tuh pke flexi…

    klo star one…wuah…sorry…komunitasku nda ada jg tuh yg pke itu..jd…ku pke jg..hahahah

  14. leo

    kok xl ga da Data Transaksinya, ga bs liat berapa pengeluaran yang telah dihabiskan.

Leave a Reply

