Tugu Muli-Mekhanai

tugu muli mekhanai lampung

Pemandangan di pusat kota, terkadang memiliki daya tarik tersendiri akan keindahannya. Terlebih lagi jika kota tersebut bersih dan banyak pohon rindang di pinggir jalan raya. Seperti di Bandar Lampung, terutama jalan menuju Teluk Betung, saya perhatikan cukup banyak pepohonan yang masih terlihat hijau dan rimbun. Apalagi ketika memasuki lampu merah dekat Kantor Walikota Bandar Lampung, selain ada taman yang terlihat indah dan rapi itu, ada sebuah patung Muli-Mekhanai dengan khas pakaian adat Lampung. Muli itu berarti perempuan dan Mekhanai berarti laki-laki.

Ini salah satu patung Muli-Mekhanai yang kebetulan saya potret Kamis siang (28/2) kemarin ditemani Gigih dan Redha saat jalan-jalan bersepeda motor dan hunting laptop di sejumlah toko komputer. Tidak hanya patung itu saja dibangun, masih ada satu set patung (memangnya barang. hehe..) di persimpangan Jalan Kartini. Patung Muli-Mekhanai itu mengenakan pakaian adat Lampung Saibatin. Saya memotretnya sekitar bulan Juli 2006 yang lalu.
Saya kurang tahu persis tugu patung yang di dekat Kantor Walikota Bandar Lampung itu. Yang saya tahu hanya ada dua tugu patung itu saja yang dibangun pemda kota Bandar Lampung. Jika sempat nanti saya coba mencari tahu, jenis pakaian adat Lampung apa yang saya foto di atas itu. Atau mungkin Anda tahu jenis pakaian adat Lampung itu?

16 Comments

Filed under adat, lampung, traveling

16 responses to “Tugu Muli-Mekhanai

  1. Mau beli laptop? Asus EEE?🙂

  2. Au'

    Lanjutan yg atas

    Tak bisa ke lain hati???🙂

  3. Muli-Mekhanai itu nama kedua pasang patung itu yah??

  4. @ikram: kalau bisa ya gratis kram. ada gak? *ngarep mode “ON”. Hehe..😀

    @Au’: maksud kau apo dio Au? dak ngerti aku😛

    @ridu: eh, bukan. Muli itu bahasa Lampung, yang artinya perempuan. Kalau Mekhanai artinya laki-laki. Tapi, patung itu belum aku tanyain, siapa ya namanya? Hehe🙂

  5. Jadi kangen pengen balik ke lampung neh…
    udah lama ga’ makan Bakso Sony

  6. @khotop
    ada yang namanya bakso Sony yah? uh… pengen

  7. wah aku blom pernah ke lampung..
    pengen deh ksana..jadi pnasaran..

  8. gyaaaaaaaaaaa
    lampung oi

  9. @khotop: Bakso Sony? wah..itu bakso enak yang pernah aku makan di Lampung. Belum ada kedai bakso lain yang mengalahkannya🙂

    @rd Limosin: pengan Bakso Sony juga? cukup terkenal juga ya bakso ini. kalo di Palembang, bakso apo dy yang enak?

    @+Dee+: Ayoo…ke Lampung De. Nanti jalan-jalan ke pantai. hehe…😀

    @almascatie: Siap-siap Lampung Visit 2009 tahun depan🙂

  10. wew eriek kapan lagi ke padang?

  11. wehehehe jadi inget sok turis pas ke lampung, photo-photo di depan patung itu malem-malem.. hihihi… pas photo di depan patung gajah yang ada air mancurnya itu (saya lupa dijalan apa) eh di sapa bapak pulisi. untung ga minta ikutan di photo juga.. gyahahahahaha

  12. sip sob, sukses selalu ….

Leave a Reply

