Lampung Teknologi 2008: Pameran atau Jualan?

pameran komputer lampung teknologi

Kalau ada even pameran, seperti pameran komputer, mobil, teknologi, dan sebagainya, saya berusaha tidak akan ketinggalan mengunjungi sambil lihat-lihat dan ‘cuci mata’ (yang terakhir ngga penting banget. Hehe..). Sabtu malam kemarin, (16/2), saya dengan beberapa teman komunitas Blogger Lampung (Gigih, Redha, Sony dan Lukman) melihat-lihat Pameran Komputer Terbesar di Lampung (itu katanya tertulis di brosur begitu,red).

“Lampung Teknologi 2008” nama acara itu. Berlokasi di Gedung Ernawan Khua Jukhai, Pahoman, Bandar Lampung, cukup ramai pengunjung malam kemarin. Hampir semua produsen dan distributor menempati dua lantai gedung itu. Kebanyakan yang saya lihat saat itu, setiap distributor/penjual yang menempati masing-masing stand-nya menjual notebook/laptop.

Melihat zaman sekarang, tampaknya sudah menjadi tren menggunakan laptop yang memudahkan penggunanya berpindah-pindah. Bisa digunakan di kantor, di rumah atau sambil asik ngobrol dengan teman di coffee dan berinternetan (asal ada hotspot aja).

Jika dibandingkan dengan Persoal Computer (PC) yang berat dan tidak mudah untuk dibawa berpindah-pindah. Mungkin inilah salah satu kelemahan dari PC dibandingkan dengan laptop. Dari segi harga, masih wajar jika laptop masih mahal harganya dibandingkan dengan sebuah PC. Tapi, ada sejumlah distributor yang menyediakan laptop murah antara Rp4-5 juta.

Baru-baru ini seperti Asus Eee PC yang launching di Jakarta, langsung ludes habis diburu pembeli ketika bertepatan dengan acara pameran komputer di Mall Kelapa Gading, Jakarta Utara. Malah saya waktu itu ada di Jakarta tidak sempat ke sana. Masalahnya saya ngga tahu jalan ke sana. Kasihan deh gue. Hehehe…

Baiklah, kita kembali ke laptop (istilah Tukul mengisyaratkan fokus pembicaraan kembali ke awal,red). Dari nama acara itu Pameran Komputer, tapi isinya tak ubahnya seperti pasar Mangga Dua yang kebanyakan menjual komputer dan berbagai aksesoris komputer lainnya.

Persepsi saya, yang namanya pameran, ya sekedar pameran saja. Tanpa ada embel-embel jualan. Ah, tapi memang begitu ya di mana-mana. Seperti juga waktu saya datang di acara Pesta buku di Istora Senayan, ya pameran sekaligus jualan buku.

Banyak sekali yang menarik selama di sana. Ngga sekedar ‘cuci mata’, tapi kebetulsan saya beli flashdisk 1 GB. Murah harganya cuma Rp70 ribu. Mungkin karena momennya adalah pameran sehingga bisa murah. Setelah itu, lihat-lihat laptop yang dipajang di setiap meja masing-masing distributor komputer. Tertera harga masing-masing di sana dan spesifikasi singkat. Waktu itu ada laptop merk Advance ukuran 12 inchi, harganya Rp5,8 juta. Cukup murah bukan? Kata Gigih, casing-nya kurang kokoh. Dengan percaya dirinya, Sony dan Gigih mengapit mbak yang jaga di stan itu sambil tanya-tanya soal spesifikasi dan harganya. Saya kira Sony ingin membeli, karena saya lihat dia betah betul di sana. Eh, ternyata cuma tanya-tanya saja.

lihat foto di pameran teknologi lampung

Ada juga stan yang menjual isi tinta printer, memajang sejumlah foto-foto yang bagus dan cantik. Saya kira ada pameran foto di pameran ini, ternyata hanya distributor tinta printer itu saja yang membuka pameran foto-foto. Eh, saya memfoto foto-foto bagus itu dari samping seorang pengunjung. Hehe…

Malam itu cuma beli flashdisk dan headset. Ya lumayan untuk kelas seperti saya yang masih berkantong ‘tipis’. Sambil meninggalkan gedung pameran, melihat seorang Koko (pengaruh budaya Cina, dalam bahasa Jawa, Koko itu bisa berarti kakak laki-laki, red) dan anaknya sambil memboyong laptop (masih terbungkus kardus). Sejenak saya bergumam, “Ah, asiknya ya sudah dapet laptop baru.” Ya, bersyukurlah mereka yang diberi kelebihan rezeki untuk beli laptop malam itu. Mudah-mudahan saya juga deh. Hehe…*sambil berharap🙂

30 Comments

Filed under komputer, teknologi, teknologi informasi

30 responses to “Lampung Teknologi 2008: Pameran atau Jualan?

  1. wew.. ada pameran juga yah di lampung.. iya tuh flesdis sekarang udah murah.. kalo kemaren di istora senayan yg 1gb itu paling murah 80k, sekarang udah 70k toh.. ntar kalo ada rezeki beli deh,,

    tapi kalo pameran emang banyak banget transaksi.. ridu aja masih bingung.. emangnya beda yah pameran sama jualan??

  2. eriek

    @Ridu: ya iya dong, memangnya Lampung ketinggalan dalam teknologi komputer. hehe…😀

    kalau menurutku, pameran ya pameran. jualan ya jualan. ah, itu kan cuma kemasan acara saja supaya keren dan menarik pengunjung. sambil lihat-lihat, terus beli.

  3. iya itu mah jualan. hampir sama dengan istlah bazaar (yg artinya pasar rakyat/murah), eh taunya cuma pindah toko doang..

    btw, laptop yg waktu itu ditanyain mereknya ADVAN bukan ADVANCE, beda lho antara laptop dgn monitor. hehehe (sambil liat-liat foto SPG yg dkt pintu, wow…)

  4. hihi.. Jadi inget waktu gw pertama kali beli flashdisk 1 Gb 200rban di pameran juga sekitar 1 tahun yang lalu

  5. pameran riek, pameran, wah elo nih kan nggak enak he he he

  6. ai gara2 pameran tu, aku jadi pengen beli laptop jugo, tapi duitnyo mano???
    who want to buy me a laptop???
    i’ll widely open my hand🙂

  7. wah, di tempatku pas valentine malah ada pameran yang ngejual flashdisk 2GB seharga 80 rebeng.

  8. K’eRiek pengen bgt Eee PC yah? kalo saran saya sih mending beli laptop lain yg spesifikasinya lebih bagus dr Eee PC. Eee PC HDDnya cuma 4GB..kecil sekali sekecil ukurannya..heheh😀.

  9. farrah

    Ya pamerankan triknya pemasaran……….
    Sayang atuh kalau dibuat cuman tuk majang……..

    Si Sony mah banyak tanya ada tujuan terselubung tuh……ehhehehehe peace bro…….

    Sayang aku nggak bisa kesana………….
    takut juga kalau kesana nanti besar pasak daripada tiang………kaga bisa liat yg bagus, cangih dan murah….hehehheheh…..

  10. laptop merek apaan tuuu bang …harga 4-5 juta??
    spek nya baguss dak..kalo lumayan bagussss..
    aku galak beli di lampung….coz aku ngecek hargo laptop di bhineka.com jakarta .. laptop merk
    AXIOO neon TVR 6122 .. Core 2 Duo ,…
    harganya Rp 5.900.000

    jadi penasaran merk apo notebooknyo???

  11. sorry koreksi harga…AXIOO neon TVR 6122 .. Core 2 Duo ,…
    harganya Rp 6.700.000….dijakarta…
    kalo ada yang lebih bagus speknya dan murah harganya… gw berani kawin sama CINTA LAURA..
    ( Red : Expressi Iklan XL )
    best regards

  12. Au'

    [OOT] skrinsut SPGnya kurang riek..!!! :))

  13. Eleh Erikkkkkkkkk…..

    Giliran Potoh Cewek Aja elu Posting…..

    Nah Gw kebagian punggung doang
    Gimana Sih……

    Kecewa Gw Kcewa…..

  14. kampung saya di sulawesi, juga pernah diadain pameran komputer. tapi pengunjungnya sangat sedikit. Lagi pula barang yang dipamerin juga sangat sedikit…..
    Hiks

  15. Pemaren itu bukannya saya mau liat, tapi saya mau beliiii…😆

    (plus liat SPG yang cuantik nan motok)

  16. waaaahhh… saya itu nanya beneran tujuannya memang mau beliiiiiii… tp liat kantong juga.. makanya manggil mba “adira”…. sueeeeeeeeeeeeeeer!!!

    Tp klu gigih kayanya punya motif lain tuh.. abis nanya tp matanya “meleng” ke mba sebelah… heheh

    klu erik memang bener2 nanya. karena emang ga ngerrtii komputeeeer… hehe.. peace broo…

  17. @Redha: iya bener. merk laptop-nya itu bukan Advance, tapi yang benar Advan. tadi pagi sempat lihat-lihat lagi brosurnya. eh da, jadi gak kredit laptopnya?

    @Anggie: ya dulu ya mahal. kalau dibandingkan sekarang ya lumayan murahlah. aku pernah beli PC tahun 2002, harganya Rp5 juta. nah, sekarang dengan uang segitu bisa beli spesifikasi yang lumayan bagus buat nge-game. hehe…

    @abahoryza: apaan sih bah maksudnya? ngga ngerti ah😛

    @xvader: kalo nak beli laptop, lebih baik kredit bae drus. saro nian nak tekumpul duet minimal Rp 5 juta buat beli laptop. ya gak? hehe…

    @pink: beda tipis Rp 10 ribu doang. kalo sudah selesai pameran, biasanya harga dijual di tokonya lagi pasti mahal.

    @Triana: karena kecil dan ringan itu aku jatuh cinta padanya Tri. hehe…meskipun hardisk-nya kecil, yah nanti beli hardisk eksternal yang bisa menampung >100 GB. mantap kan?😀

    @farrah: iya tuh, far. Sony sangat meyakinkan sekali mau beli laptop. eh, tahunya gak jadi beli. huuhh…apa gak kesel tuh SPG-nya sudah capek-capek jelasin. hehe…*ampun Son😀

    @mumud: saking banyaknya laptop, aku lupa berapa harga masing-masing merk laptop yang ditawarkan di pameran itu mud. eh, kalau di Palembang kapan ya ada pameran kayak begini? pengen lihat juga ah nanti kalau ada🙂

    @Au: iya Au, aku sedikit foto-foto malem itu. Padahal, banyak SPG cakep lho. Heheh….dasar cowok!!!😀

    @Gigih: Hehe…maaf sih Gih. Gak sengaja dapet foto yang begitu. SPG-nya kurang kelihatan jelas. Lo geh posting juga yang ada foto lo-nya. hehe…

    @Hair: itu pertanda apa kalau sedikit pengunjungnya hair? Apa karena belum tertarik dengan komputer? mudah-mudahan nanti ada even pameran lebih ramai lagi🙂

    @Goenawan Lee: intinya mau lihat-lihat SPG yang putih-putih, tinggi-tinggi dan m****k ya? nah lho…ketahuan kamu Goen🙂
    Ah, pameran body atau pameran apa nih?😀

    Sony: salah Son. tujuan gua mau wawancara sama mbak-mbak yang jaga stand. tapi gua gak jadi deh.
    ya ngerti lah sama komputer. wong nge-blog kan pake’ komputer. masa’ pake mesin ketik. wekks…😛

  18. Kalo saya sendiri ga tau napa, lebih nyaman pake PC dibanding laptop

  19. Klo Zyrex Ubud ado dak Rik..Pengen…hehehhehe…

  20. Han

    wk3x.. Yup, dulu hobinya buat2 web. Sekarang jadi nge-blOG. lam kenaL ya..
    anak unila jg ya??
    pasti w manggil u kk/ he3x

    Wah malez dateng ke pamerannya… mahal2 jg barangnya. COba diskon gede2 an. wk3x

    Harganya mahaL ga kayak di luar lampung. hikxx

    btw lampung sepertinya blum ada komunitas blogger ya?? cuma segelintir orang. BuaT yuk nti w ikutan. wk3x

  21. Holla Bos Eriek, malahan aku gak sempet jalan2 kesana neh (pamerannya), padahal beberapa ke kantor posnya lho…udah niat banget mo beli MP3 player, malahan udah bubaran..wekekekek. dapet apa aja bos waktu kesana? (jangan bilang kalo dapet cewe ya.)

  22. @yorick 100% : kan kalau pakai laptop kemudahannya bisa dibawa kemana saja. pekerjaan di laptop bisa ditunjukkan/presentasi tanpa perlu bawa-bawa PC yang berat itu. Hehe…

    @ibunk: cak nyo dak katek bunk. apo aku yang keselip dak liat yeh? banyak nian laptop di sano:)

    @Han: Halo Han! ya, kita Unila kok. Komunitas Blogger untuk di Lampung sudah ada kok. Meskipun belum resmi dan launching. Tapi, ya pokoknya sudah ada dibentuk bersama dengan teman-teman di Unila juga. Coba berkunjung ke sini: Komunitas Blogger Lampung

    @Link Changer: murah lho MP3-nya. tapi, aku gak beli. cuma beli flashdisk aja. karena lagi butuh itu aja. sebenarnya pengen leptop juga. ya, sayangnya harga belum bisa ‘dibanting’. Hihihi….😀 cewek-cewek SPG-nya oke juga. aku kasih poin 6 aja deh🙂

  23. Emang seperti itu biasanya rik.. Distri ngegelar produk nya buat dipamerin & gerai biasanya bersanding untuk jualan..

    Saran saya klo mau beli laptop murah pesen lwt situs2 lelang atau dagang online luarnegeri spt ebay atau costco. Atau gabung ke komunitas pengguna laptop merk tertentu spt mac id. Biasanya jualan dgn harga miring.

    ¤ngecek saldo rekening,. Crap! Blom cukup jg beli mekbukpro¤

  24. pasarnyah terang khan? pakek lampu tho? :mrgreen:

  25. hhoho.. kalo saya riek, karena dah sering banget ada pameran komputer, tiap kesana cuma beli cd blank ato dvd. hohoho lebih miskin.

  26. dipameran, harga biasanya lebih miring kan, mas???

  27. aaaahhh….pameran itu bikin ngileeerrr…apalagi klo harga miring…tp kebutuhan lg padet…kantong lg cekak…manteebbh!😦

  28. jadi pengen punya leptop…

    btw, baru tahu pindah ke WP..

  29. semenjak blog di WP, lumayan lebih rame komeng blog kamu Riek.

  30. Huuuaaaa…. Di Lampung ada pameran toh? Huuu,,, Coba gue disana yaa… Gue pasti ngajak bokap gue buat liat2 (+rayu2 bokap buat beliin gue leptop, huehehe…)

    Btw, rajin juga ya Mas kita satu ini dalam nge-blog. Kaya’nya dimana2 bikin blog terus rajin diupdate pula… hehehe,,,

Leave a Reply

