Tulisan ‘Memalukan’ di Perpustakaan FISIP UI

tulisan di perpus fisip ui

Yth.Bapak Rektor dan Dekan FISIP UI

Mohon maaf yang sebesar-besarnya kepada Bapak-bapak jika sempat membaca posting saya ini. Tidak ada maksud dari hati yang paling dalam ini untuk mempermalukan Universitas Indonesia (UI) sebagai perguruan tinggi negeri terfavorit di Indonesia dengan menulis tentang apa yang saya lihat di UI.

Ceritanya, senin kemarin (28/1), saya sempat mampir ke Perpustakaan Fisip UI untuk sekedar mencari dan membaca buku-buku. Suasana siang itu yang sejuk oleh AC dan cukup ramai dengan para mahasiswa yang ada di sana. Ada yang sibuk mencari buku-buku di rak-rak. Ada yang duduk-duduk di lantai sambil membaca skripsi. Hampir semua meja baca penuh dengan mahasiswa. Ada yang sibuk mengetik di laptopnya, ada yang sekedar mencatat dari buku-buku yang dibawanya ke mejanya, dan ada pula yang dengan asik browsing internet dari laptopnya.

Tapi, ada satu meja sempat kosong. Kemudian saya menempati meja itu dan membuka buku-buku yang saya ambil dari sebuah rak buku. Alangkah kagetnya, Saya menemukan banyak (coretan pena) tulisan di meja itu. Entahlah, hanya kebetulan meja yang saya tempati itu saja yang dicoret-coret atau ada juga meja lainnya yang dicoret-coret? Saya yakin yang mencoret-coret dengan pena ini adalah mahasiswa yang katanya intelektual muda. Tapi, kok alangkah tidak etis menulis seperti ini. Apalagi di sebuah perpustakaan sebagai gudangnya ilmu. Terlebih lagi perpustakaan ini mengangkat nama besar Almarhumah Miriam Budiarjo, Guru Besar Ilmu Politik UI sebagai Miriam Budiarjo Resource Center.

Sebenarnya saya malu membaca coretan itu. Bagaimana jika sewaktu-waktu ada Pak Menteri Pendidikan Nasional datang ke sana dan kebetulan ia menemui tulisan seperti itu? Mudah-mudahan kejadian seperti ini menjadi pelajaran bagi para petugas perpustakaan agar memperhatikan kebersihan meja yang dicoret-coret para mahasiswanya. Saya juga sebenarnya hampir tidak percaya yang menulis seperti ini dilakukan mahasiswa UI sendiri.

Mudah-mudahan tulisan saya ini ditanggapinya serius agar nantinya tidak terjadi lagi ‘aksi coret-coret’ di meja oleh tangan oknum yang tidak bertanggungjawab ini. Mari kita jaga sama-sama Miriam Budiarjo Resource Center lebih dirawat lagi.

44 Comments

Filed under jakarta, mahasiswa

44 responses to “Tulisan ‘Memalukan’ di Perpustakaan FISIP UI

  1. franya

    aduh bikin malu aja tuh. dasar idiot pasti tuh orang lagi belajar nulis ddi kayu.. kaya tempo dulu kita gak punya kertas.. lha.. kalau dia nulis begitu.. sama ja dia menunjukan jati dirinya yang sok intelek muda tapi otak idiot..lha kalau orang seperti itu banyak di Indonesia, gak heran kalau negara kita gak pernah maju dibanding neg lain..

  2. bukan anak UI saya sepertinya, mungkin yang nulis gak keterima di UI..

  3. Au'

    Kl ada pak menteri datang saya yakin pasti semua meja disana bersih dari coretan2. Biasaaa jaim mendadak itu judulnya😀

  4. Ya… semoga orang ga mikir macem2 tentang UI gara-gara ini. Jangan gara-gara nilai setitik, rusak susu sebelanga.

    (Gek.. aku maen la ke perpus Fisip. Nak jingok. *penasaran*)

  5. busyeeeet.. mana yang lebih berpendidikan dan bermoral.. yang nulis gitu!? hahaha sebelum nulis ga dipikirin tuh.. betewe jangan2 yang jaga perpus yang nulis😛

  6. salahin OB nya, kenapa gag dibersihin

    *kabur takut ditimpuk OB UI*

  7. Itu orang sakit hati gak diterima di UI, jadinya dia melampiaskan dengan nulis yg gak etis di tempat umum

  8. bro…yang kayak gini gak usah ditanggapin. bukan hanya terjadi diUI aja kayaknya. hal gini dah pernah saya jumpai dari saya SD😦
    entah apa maksudnya….yang jelas hobi coret-coret ditempat umum hehehehe….coba coret-coretnya diBlog hehehehe…

  9. hehhe jamannya smp nih begini nyaksiin di buku2 perpus

  10. deniar

    Wah bukan orang Indonesia pastinya kalo berbuat seperti itu… memalukan saja…

  11. wakz…
    parah yakz…
    *awalnya saya kira di perpustakaan FISIP Unila, taunya FISIP UI :p*

  12. Kayaknya sih, intelektual muda yang suka nyurat-nyoret di sembarang tempat itu punya bakat nulis yang kagak tersalurkan. Mangkanya, kenalin sama blog, biar terarah gitu…:mrgreen:

    BTW, yang bikin ane penasaran, isi coretannya apa aja? Kali-kali aja ada tulisan porno, makian, atau sekedar menuliskan inisial dirinya ama pacarnya, mirip ABG… Mhuehehee…:mrgreen:

    Salam pedes!

  13. Eh, sorry, tulisannya baru bisa ane baca, maklum fakir benwit!

  14. berarti itu mahasiswa ngerasa bahwa biaya kuliah di UI terlalu mahal
    wakaka….

  15. wah.. semoga yang baca tulisan ini ngga tergerak hatinya untuk ikut menanggapi coretan itu dengan coretan yang lain. . ntar univ nya jadi chat board :D:D

  16. Aan

    lumrah kak, tapi dak tau yeh balikke mahasiswa tu dewek, mungkin pena dio lagi macet, jadi coret2 disitu😀,

    @Maya
    perlu pengacara demi UI😀

  17. edy

    coba liat tulisan di meja kantinnya😆

  18. Sepertinya ini potret mahasiswa kita sesungguhnya. Mungkin tidak hanya di kampus UI tapi juga di kampus-kampus lainnya.

    Btw, salut buat kejeliannya…

  19. chiko buntai

    ya ampyunnn….. saya sebagai alumni fisip ui jadi terharu ngeliat tulisan itu… hix hix….
    yah paling gak iq saya masih diatas lumba-lumba lah…. (iq lumba-lumba 86, saya 90 hehehehe…)
    btw, emang harvard & cornell university tuh dimana siy??? emang lebih bagus dari ui yah??? emang ada yang lebih bagus dari ui??? (kayak iklan yak?!)

  20. licannius

    walaupun sya dr fasilkom ui..
    Tp karna fisip UI,,tetanggaan..
    ckckck
    masa sih,,ampe ad mahasiswa UI sgtunya..
    mnrt g c gada..
    karna dah tw lah,,susahnya masuk UI..
    y walaupun coret2an tu d fisip UI,,blum tentu pelakunya dari fisip UI..
    inget UI bisa d akses masyarakat luar..

  21. gitu aja kok repot???? pake dibahas lag??? emang lu-lu gak ada kerjaan laen apa?
    tinggal buang aja tuh meja. beres. tinggal fisip beli meja lagi. bukannya sekarang ui makin kaya??? duitnya untuk fasilitaslah.

  22. chacha

    numpang comment ya…
    walaupun gw kuliah di tokyo
    tapi UI tuh impian gw..
    apalagi FISIP..
    malu gw kalo klakuan mahasiswa indonesia (khususnya anak2 fisip UI) kaya gitu..
    emang kertas tuh dah abis ya di indonesia??
    buang aja tuh mejanya!!
    malu2in UI aja..

    jangan luarnya aja make yellow jacket tp klakuannya bgitu..

    maju terus UI!!!!!

  23. Iwan

    Pesennya sih ga ada masalah.. Ngapusnya yang males…

  24. Jaket_kuning

    Bismillahirrohmanirrohim….
    Assalamu’alaikum Wr Wb….

    Demi Rabb yang jiwaku dalam genggaman-Nya….
    Saya mohon……
    Tolong disebarkan…….!!!!!

    Jangan pernah takut masuk UI !!!
    Itulah hal yang selalu ingin saya camkan ke benak para putra-putri bangsa yang merasa dirinya minder alias kurang Pe De untuk masuk ke Universitas Indonesia karena keterbatasan ekonomi…..

    UI itu kampus rakyat, adikku…..

    Dari anak guru di banda aceh,
    Bocah kuli tambang di Belitong,
    Penjual pisang goreng di bengkulu,
    Putra kuli bangunan di Jakarta,
    Putri petani di brebes,
    Remaja Nelayan di pesisir papua,
    Atau bahkan seorang yatim-piatu di Makasar,
    Hingga seorang anak tunggal dari presiden direktur Astra Honda Motor…
    SEMUA berHak masuk UI !!!!!!!

    Modalnya Cuma satu !!
    Setelah mengantongi ijazah SMA, MA atau SMK.
    Kamu harus lulus SNMPTN, dan UMB bulan juni ini !!!!

    “Ah, untuk nyari makan aja orangtua ngos-ngosan… Gimana mau biayain kuLiah ???”
    Aku tahu, mungkin itu yang ada dalam benakmu sekarang….

    Tapi skarang saya balik tanya pada dirimu, apabila kamu sudah lulus SNMPTN di UI, dan telah datang hari dimana kamu harus daftar ulang di kampus UI depok, dan kamu tak membawa uang sepeserpun, Apakah KAMU akan diusir begitu saja dari tempat pendaftaran????

    Jawabnya adalah tidak……

    Kamu mempunyai modaL SK Rektor yang berbunyi bahwa tidak ada satupun mahasiswa yang KELUAR karena masalah faktor BIAYA !!!!!

    Jangan terlalu terpengaruh dengan MEDIA yang mengatakan bahwa UI itu mahal !!!!
    Karena para penentu kebijakan di atas sana (rektorat), itu mengetahui bahwa walaupun uang semesteran dinaikan 2 kali, 5 kali, 10 kali lipat pun, mahasiswa yang ingin masuk UI tetap saja banyak !!!!!

    Alhasil, jadilah UI kampus yang bernuansa borjuis. . . .

    Aku beri data yang valid yah…
    (ya Allah, tolonglah hambaMU ini, agar Rektorat tidak men-DO saya karena membocorkan informasi ini…..)

    Contohnya Fakultas TEKNIK (fakultas dimana saya kuliah sekarang….)

    43 % Calon mahasiswa FT angkatan 2007 tidak benar-benar membayar Uang pangkal sebesar 25 juta !!!!!!

    Dan saya ingin angka persentase ini dipertahankan atau bahkan harus cenderung naik !!!

    43% mahasiswa ini hanya membayar dengan variasi angka yang beraneka ragam….
    Dari nol (alias tidak membayar UP sama sekali), beberapa ratus ribu, beberapa juta, hingga sampai mendekati angka tertinggi (25 juta)……

    Tergantung dari kesanggupan ekonomi kalian…..

    Sedangkan 57 % sisanya adalah anak-anak yang patut mensyukuri hidup, karena mereka dilahirkan dari latar belakang keluarga yang berkecukupan…..

    Pada saat pendaftaran ulang, kalian akan dibantu kakak2 kalian dari kesma (kesejahteraan mahasiswa) BEM UI, untuk masalah pengadvokasian Uang pangkal ini…….

    Jadi, sok atuh…
    Datanglah beramai2 ke UI tanpa perlu masalah finansial menghalangi…..
    Raihlah cita2mu adik-ku…..

    Ambilah hak kalian untuk belajar di kampus yang menyandang nama negara kita ini…..

    “Oke…, stelah saya di terima di UI, bagaimana saya menyambung hidup ? Duit tidak punya, apalagi UI itu ada di Jakarta, jauh dari kampug…..”

    HIDUP itu Perjuangan, Bung !!!!
    Kamu bisa kuliah sambil kerja !!!!!!
    Bisa kerja sambilan sebagai guru privat, jualan nasi uduk, bisnis pulsa, dagang gorengan, supir taksi, dan masiiih banyak lagi……. Ini adalah proses pendewasaan kamu….. Kamu itu tidak sendirian dalam mengarungi hidup !!!
    Insya Allah kalau kamu memenejemen waktu kamu, kuliah kamu ga bakal keteteran dengan adanya kerja sambilan ini….
    Di jakarta ini banyak sekali ko peluang usaha dan perkerjaan sambilan yang terbuka buat kamu…..

    Simpanlah dalam hatimu….
    La tahzan !!
    Innalaha ma’ana….
    (jangan bersedih karena Allah bersamaku….)

    Oiya, mengenai uang semesteran (baik yg dapat 100ribu s/d 7.5 juta tergantung keadaan ekonomi) saya sudah bilang blom, klo di UI itu ada banyak Beasiswa…..

    Contohnya di Fakultas teknik ituh ada beasiswa
    – Eka tjipta Foundation
    – Mata Air Biru
    – Goodwill Internasional
    – Beasiswa Cendikia (AMIL ZIS UI)
    – Sampoerna Foudation
    – Qatar Internasional
    – Beasiswa Indosat
    – PPA dan BBM
    – Supersemar
    – Beastudi etos (dompet dhuafa)
    – KS4
    – Beasiswa Djarum
    – Co Op
    – Tanoto Foudation
    – Beasiswa Cocacola
    – Total E P
    – Beasiswa Bank Mayapada
    – Dan masi Banyak lagi deeeh, ini pun baru cuma dikit…..
    – Saya ga hapal, karena saya tidak bisa dibilang ‘scholarship seeker’ di kampus.
    – Jumlah kuotanya bisa mencapai ribuan mahasiswa dan tawaran selalu berdatangan dan terbuka sewaktu kita menjalani kehidupan kemahasiswaan…

    Pernah saya denger dari temen saya di Fakultas Hukum, kalau pegawai di bidang mahalum pernah menangis gara-gara mahasiswa yang melamar beasiswa lebih sedikit daripada kuota banyaknya beasiswa…….
    Udah tajir (kaya raya) semua kali mahasiswa di Fakultas itu,…. gak tau dah !

    Jadi, sekarang semua saya serahkan kepadamu adik-ku…..

    Beranikah kamu, untuk merubah hidupmu ???
    Demi ayah, bunda, kakak2, dan adik2mu…..
    Demi Semua warga di kampungmu…
    Demi semua orang2 yang kamu cintai……
    Jikalau Allah telah memberimu kecerdasan otak yang gemilang, sehingga kamu bisa melanjutkan belajar di jenjang yang lebih tinggi…..

    Kenapa kau harus takut ???

    • santika

      Membaca nya membuat saya merinding bung..
      Cita2 saya adalah masuk PTN. Terutama UI.
      Tapi nyali ngebunuh semuanya.. Huft..

  25. Vina

    ur the Best… ur wisH is ouR comManD..🙂

  26. Halida

    yaudalah..ga usah di blow up juga x…tu kan banyak terjadi di tempat umum, apalagi perpus fisip ui bisa diakses orang luar juga. ya kan?!
    x aja yang nulis cacat mental jadi ga bisa ngebedain kertas ama meja..
    gw mahasiswa fisip ui tapi percaya deh ga semua anak fisip attitudenya kayak gitu..
    don’t judge a book by its cover..
    jadi jangan nilai ui jelek cuma gara2 orang cacat mental itu..kasian bgt dong qt klo semua orang ngira kayak gitu…huhuuhu

  27. Poppy

    harusnya pelaku yang nulis di meja itu di ketahui dulu siapa,,, baru di blow up… klo kyk gini kan kasian anak fisip ui.
    blm tentu jg kan ini kerjaan anak fisip ui!!!

    ya klo uda ky gini,, orang jg jgn liat minusnya aja… anak fisip ui juga kan banyak prestasinya…
    kenapa gak itu aja yang di blow up???

  28. mas .. mas .. kalo baca tulisannya kayaknya yang nulis tuh orang yang sirik sama mahasiswa UI… secara dia juga bego banget ngaku-ngaku lulusan harvard dan ga sombong tapi malah nulis kaya gitu…

    mungkin dia dulunya ngga keterima di UI… terus ada temen ato kenalannya yang kuliah di UI dan jadi sombong dan banyak bacot sama dia,, jadi dia kesel gitu deh… kebetulan lagi mungkin si orang yang dia sirikin itu anak FISIP yang masuknya lumayan susah dan dia ngga keterima…

    jadi,, itu orang sebenernya menjatuhkan alumni harvard sendiri,, bukannya UI ..

    ^^

  29. ????

    yang nulis cuma oknum tuh….bukan anak fisip ui!!!!!

  30. jilly

    yaelah .
    dasar orang bodohh .
    GW JUGA PASTI SOMBONG LAH KLO MSK FISIP UI!!!
    hhe

    smoga gw masuk ui taun dpan dan bertemu anda2 skalian . AMIN

  31. dyw

    mungkin dia butuh eksistensi kali…..sedikit memalukan …tapi aku juga gitu koq waktu zaman sma dulu,hehehehe

  32. monika

    comment gw ttg coretan di meja perpus fisip sih emang udah biasa. dan gw rasa di perpus fakultas lain juga kyk gitu. and ttg pak mentri itu,kalo gw bilang gak mungkin lah pak mentri iseng ngecek meja2 perpus. emang dia orang sba yg suka jaga kalo lagi ujian?.. kurang kerjaan bgt tuh pak mentri..

  33. fadhil

    perpus fisip ui a/ tempat ternyaman seingatku ktika kuliah..perubahannya jg luar biasa mulai dr closed sampe open bahkan dijadiin acuan bwt perpus lain di UI..ju2r w kangen bgt maen ke sana secara w sekarang kerja di Pontianak dan perpus daerahny jauh bgt ma perpus FISIP UI..jd mustinya siapapun yg melakukan itu malu atau bahkan kita sendiri musti mengintrospeksi diri kita ap yg kita lakukan bukan hanya diperpus tp di fasilitas umum lainnya..inget itu bukan hanya uang kita tp uang rakyat yg mensubsidi kita sekecil apapun..mknya bukan hanya meminta orang tidak merusak tp lakukan mulai dr diri sendiri, lakukan dr ap yg bisa kita lakukan tuk memperbaiki kondisi bangsa yang sudah SANGAT MEMPRIHATINKAN..ayo bersama kita mulai membangun moral kita tuk berbuat yg terbaik bagi diri kita, keluarga kita, lingkungan kita dan bagi negara kita..AMIN

  34. aquu_nag fisipUI

    wduuuu
    qoo gw gag pernah ngeliad tulisan itu??
    heheh^_^

    kyana yg nuliss bkan nag FISIP-UI dahh

    tmen2 w gag da yg iseng mpe sgononya
    nag2 fisip slalu pnya banyak tugas..
    jd gag mungkin punya waktu nulis2 bgitu..
    (hhe iia gag)
    fiuhh
    mw gimana juga UI tetep rame!!
    tjiahhh
    hehehe
    idupp FISIP!!!!UI

  35. sefita

    tulisannye jelek be’eng…gk kebaca tuh…gk t’struktur lagee….katanye lulusan harpad….;p

  36. Rekan2 tolong jangan coret-coret sembarangan terutama di perpustakaan ya!
    Kebetulan saya kerja partime di MBRC untuk saat ini. untuk membersihkan coretan-coretan itu tidak mudah lho….kasian feby dkk(OB MBRC).
    Jaga perilaku biar gak malu…… (kata john pantau)

  37. kiki

    iya emanggg..
    gw juga pernah bgbaca waktu mau UTS kemaren..

  38. Biasa aja sich tulisannya,ngapain juga dipikirin,mending mikirin gimana caranya biar bisa cpt lulus dari UI..Lagian tuh menteri kurang kerjaan aja klo mpe baca…mending ngurusin negara…Peace Pak ^_^

  39. AHA

    Mas Erie Khafif…

    Saya adalah alumni FISIP UI dan pernah bekerja sebagai part timer di Perpustakaan FISIP UI selama 4 tahun…..
    Mahasiswa FISIP UI itu ada berbagai macam…..
    Sarjana reguler….
    mahasiswa D3………
    dan sarjana extension…
    Mereka yang biasanya mengunjungi perpustakaan FISIP UI….

    Selain itu, Perpustakaan FISIP UI juga menerima tamu dari pihak luar yang mau berkunjung ke perpustakaan FISIP UI….
    Tamu ini berasal dari berbagai kalangan terutama dari mahasiswa universitas lainnya di Jakarta….

    Jadi, di antara pengunjung itulah yang berpotensi untuk menulis tulisan tersebut……
    Kita tidak tahu siapa pelakunya, bisa anak UI sendiri atau pengunjung dari luar…..
    Terima kasih

  40. Ruday

    Heyy Eriek numpang komen yaa..

    gw Ruday, salah satu anak Fisip UI juga..apa yang diceritain diatas udahh pernah juga secara langsung ga sengaja gw liat (scara gw sering kesana)..gw sndiri juga malu banget ngeliatnya,

    kalo menurut gw kemungkinan pertama tulisan2 itu yang buat adalah anak2 baru fisip yang notabene baru menginjakan kakinya di fisip ui, yaa maklumlah masih ababil (abg2 labil) yang masih kebawa2 kelakuan sma nya ke kampus dan coretan2 itu terjadi di MBRC aja (Mir Budiardjo Res Cen) tapi coba dehh kalo lo perhatiin di kursi n meja kelas buat kuliah ga ada coretan2 itu, gw yakin kok semua anak2 yang diterima di Fisip UI intelektualnya luarr biasa dan sangat behave, kalopun ada mungkin hanya segelintir orang aja yang sedikit apatis, so jangan di generalisasikan yaaa..

    Atau kemungkinan kedua, yang melakukan itu adalah mahasiswa2 di luar Fisip UI, secara banyak banget mahasiswa luar yang mengerjakan skripsi atau entah mencari referensi buku dan karya akademis sebagai perbandingan dan bahan pendukung mereka, jadi ga heran kalo banyak orang2 luar yang melakukan hal itu..

    tapi jangan khawatir, coba dateng lagi aja ke MBRC nya, udah direnovasi semua kok dan kayaknya meja2 yang lo liat itu udah dibersihin, oke semoga bermanfaat yaa rik..

    Rudy Putra Pangaribuan
    Department of Administration
    Faculty of Social and Political
    University of Indonesia

  41. TNT

    hmm,,,kebetulan gw nak FISIP jurusan Kessos…
    emang bener sih ada tulisan2 kaya gtu,,,,tapi menurut gw bukan masalah besar dan ga perlu sampe ke rektorat,,,karna itu hanya perbuatan orang iseng belaka..klo ngga salah tulisan itu di tempat meja baca buku ya,,..walaupun begitu ,hal kaya begituan gak akan ngurangin kredibilitas perpus FISIP,,tempat yg menurut gw paling nyaman,,,haha

  42. halo mas Eriek..baru liat ada yang niat nge-posting tulisan ini…hehehe..
    saya sangat menghargai adanya tulisan ini..
    saya juga sangat risih kadang tulisan2 yang dibuat oleh oknum2 yang ga bertanggung jawab ini dibiarkan begitu saja, soalnya jujur cukup mengganggu pemandangan dan ga enak dilihat… btw, blh ga saya copy tulisannya buat (mudah2an bisa)diteruskan ke pihak dekanat dan yg berkepentingan untuk mengurus hal ini? thanks
    @vina-HI-FISIP UI 2008

  43. epan

    “Saya yakin yang mencoret-coret dengan pena ini adalah mahasiswa yang katanya intelektual muda”
    ……………. Sepertinya dari pernyataan anda itu terlihat bahwa anda pun bukan lah seorang intelektual, karena disamping menuduh sembarangan, jelas sekali anda tidak memiliki kemampuan analitis yang cukup. Dilihat dari tulisan, gaya bahasa, dan isi tulisan secara sekilas saja saya berani mengatakan bahwa yang menulis bukanlah seorang mahasiswa.
    Jangan2 anda lah yang menulis tulisan tersebut dan memposting di blog ini.. **mencoba menganalisis dengan pola pikir anda**

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s