Rencana Pindah ke Hati yang Lain

Sabtu kemarin (12/1), saya mencoba memindahkan seluruh posting yang ada di engine Blogspot ini ke WordPress. WordPress seperti diketahui merupakan engine untuk membuat blog yang gratis sama seperti engine Blogspot. Blog yang saya bangun sejak awal (tahun 2004) hingga sekarang (2008) masih menggunakan Blogspot.

Kini masih dalam proses menentukan pilihan yang tepat agar tidak menyesal di kemudian hari (halah…). Sempat berpikir berencana akan pindah ke engine WordPress untuk seterusnya. Menulis di blog bagi saya, butuh konsisten engine blog yang sering diisi dan digunakan untuk jalan-jalan atau istilah para blogger itu “Blogwalking” ke blog lainnya dan meninggalkan link blog kita sendiri.

Sejauh ini yang saya ketahui dan memantau blog-blog dengan dua engine (Blogspot dan WordPress) ini, masing-masing mempunyai ‘pasarnya’ atau segmen sendiri. Misalnya, ada blogger yang menggunakan blogspot dan biasanya para komentator yang hadir di blog itu berasal dari blogger yang menggunakan engine yang sama (Blogspot). Hal yang sama juga seperti blogger yang menggunakan engine WordPress, biasanya yang memberikan komentar berasal dari blogger WordPress. Rata-rata saya perhatikan begitu.

Sepengetahuan saya juga, engine Blogspot tidak menyimpan backlink setelah kita meninggalkan komentar di blogger yang menggunakan engine Blogspot. Ternyata, harus beberapa kali melompati link-link berikutnya untuk menemukan blog utamanya. Memang betul masing-masing kedua engine blog ini (WordPress dan Blogspot) memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing. Keduanya juga masih gratis dan mudah untuk digunakan bagi yang awam dengan istilah-istilah dan cara-cara yang ‘njlimet’ (susah,red) pengaturannya.

Banyak teman-teman blogger saya sudah pindah hati yang lain. Kebanyakan mereka yang sebelumnya menggunakan engine Blogspot, hijrah menggunakan engine WordPress. Jadi tertarik mengikuti jejak seperti mereka juga. Bukan sekedar alasan ikut-ikutan saja, tapi seperti alasan yang saya sebutkan di atas tadi. Ehm,..ada ide lain soal ini?

10 Comments

Filed under blog

10 responses to “Rencana Pindah ke Hati yang Lain

  1. emm..saya dulu jg pernah pake blogspot..tapi mungkin memang agak sedikit ribet di settingnya seperti bikin paging,komentar,dsbg,tapi sepertinya blogspot yg baru sudah diperbaharui dan tersedia widget untuk mempermudah…Kalo saya alasan menggunakan wordpress karena wordpress tersedia secara free ketika kita menggunakan nama domain sendiri (hosting sendiri)…tinggal di instal saja…kemudian themes dan pluginnya jg cukup banyak…ini saya kurang tahu untuk blogspot..karena dulu blm sempat explore blogspot

  2. Hoek Soegirang

    hoo? jadi udah findahan negh? kafan slametannya? mhuehuehuehue….

  3. JIeee.. selamet yah.. tahun baru rumah baru juga.. kapan neh ngundang2 bwt selametan rumah barunya??

  4. wah akir na pindah juga yaw
    sama seperti saia
    pindah juga
    WP lebi praktis ney

  5. dari pertama kalo nge-blog tahun 2005 aku udah pake wp dan sampe sekarang tetep pake wp, pernah nyoba pake blogspot, tapi sekadar mencoba, gak pernah di pelajari lebih lanjut

  6. welcome to WP >:D<

    bener banged mas Eriek, saya juga udah pake dua2nya,
    menimbang2 kedua2nya,
    lebih nyaman pake WP,
    tp sesuai kebutuhan juga sih🙂

    soal komentator sebenernya bukan faktor yg menohok banged,
    cuman WP memberikan lebih banyak,
    at least buat kami,

    ditunggu pake WP.orgnya😉
    *alias hosting sendiri😀 *

  7. selamat pindahan mas.. semoga di rumah yang baru tambah betah dan tambah temen banyak

  8. eriek

    @Riadi: sebenarnya ada rencana ingin punya domain dan hosting sendiri. cuma masih memperhitungkan budjet. *sambil lirik isi dompet. Hehe..😀

    @Hoek Soegirang : ini sudah aku findah hoek. semua database dari tahun 2004 sampai 2008, berhasil difindah ke wordpress. memang mantap dan canggih wordpress ini ya.
    Slametan? ehm,..ngundang yasinan dong ya🙂

    @ridu: kapan ya? ehm,..pengennya kapan? *lah..kok malah nanya balik. Hehe..

    @mankarya: satu lagi pindah ke wordpress. ada lagi yang menyusul kepindahan ke wordpress lagi?

    @ayahshiva: sip. nge-blog dari tahun 2005 sampe sekarang masih eksis terus nih

    @keritiKentang: walah..banyak yang pake hosting dan domain sendiri ya. jadi pengen ikut2an juga nih. cuma mau hitung2 budjet untuk buat baru. Maklum, pemasukan ngga selalu lancar. Ada yang berminat memberikan hosting dan domain gratis? *ngarep😀

    @ario dipoyono: Terima kasih Mas Ario. Sering-sering mampir ya. Nanti disuguhi segelas teh susu hangat. Hehe..🙂

  9. nah,, gini kan lebih gampang nge-komen-nya.
    mangga’ mang..hyiuk😉

  10. memang lebih ideal di wordpress, stuju nian aku kalo pindah ke wordpres, lihanya lebih elegan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s