Makrab dan Reuni di Pantai Sapenan

Senang dan terharu. Barangkali begitulah perasaan saya ketika ikut acara Malam Keakraban (Makrab) 2007, Sabtu-Minggu (3-4 November kemarin), di Pantai Sapenan, Lampung Selatan. Rasanya senang bisa bertemu dengan hampir seluruh angkatan di jurusan saya (Komunikasi). Sebagian besar mereka ikut serta pada acara ini. Bahkan, angkatan yang tertua (1998) pun bisa datang meskipun hanya tiga orang. Kira-kira ada sekitar 100 lebih orang yang datang di acara ini, dari mulai angkatan 1998-2007.

Ada juga teman-teman yang telah lulus dan bekerja di luar Bandarlampung, seperti: Adi, Abet, dan Suriyanto. Mereka bertiga datang dari Tangerang. Ada juga Nunik dari Sukabumi, tidak ketinggalan ikut rombongan bersama mereka. Padek pun niat banget ikut acara Makrab. Ia naik Kereta Api dari Palembang ke Bandarlampung selama lebih dari 8 jam. Saya salut dengan mereka yang ingin datang dari jauh-jauh. Ini seperti acara reuni buat mereka yang sudah lama tidak bertemu. Saya yakin mereka sudah merencanakan agar bisa ikut dan bisa bertemu teman-teman yang masih tinggal di Bandarlampung.

Ferari dan teman-teman angkatan 2000 pun menyiapkan sebuah bus besar yang disewa untuk teman-teman angkatan 2000-2004. Bus ini membawa kita ke Pantai Sapenan, Lampung Selatan yang jaraknya sekitar 80 Km lebih dari kampus Unila. Cuma ada sedikit tambahan ongkos sebesar Rp 20 ribu per orang untuk pergi-pulang. Nyatanya yang ikut di dalam bus cukup banyak. Sambil menikmati perjalanan kira-kira dua jam, banyak teman-teman yang sibuk berfoto-foto, cengar-cengir, terkadang tertawa lepas. Hari itu, tampak keceriaan wajah mereka.

Kira-kira pukul 5 sore lebih, bus yang membawa rombongan kami tiba di Pantai Sapenan. Teman-teman langsung berhamburan keluar. Ada yang berfoto-foto dengan latar belakang pantai. Ada yang belum salat Asar, langsung ‘ngacir’ cari air wudhu, terus salat di mushola. Nah loh, ketahuan yang belum salat Asar itu saya dan Anto. Hehe..

Lokasi pantai ini bersebelahan dengan Kalianda Resort. Pemandangannya indah. Dari Pantai Sapenan melihat ke laut dan kejauhan, terlihat Gunung Rajabasa menjulang tinggi. Saya belum pernah ke pantai ini sebelumnya. Pemandangan di sekitar pantai ini memang indah.
Malam hari, setelah menikmati makan nasi bungkus bersama dengan diliputi hawa angin yang kencang, ada acara api unggun dan persembahan dari masing-masing angkatan. Kocak dan bikin ketawa lihat tingkah si Ian ‘Kep’ bergaya fotografer. Si Kep memfoto Andina dari dekat saat menarikan Tari Sembah (Tari khas Lampung, red) ditemani sembilan teman seangkatannya (2005,red). Mereka menari seperti layaknya Tari Sembah beneran di atas panggung menyambut tamu agung.

Tak hanya ‘Kep’ saja memfoto mereka yang sedang menari, tapi beberapa teman-teman lain yang membawa kamera tidak ketinggalan ikut mendekat dan memfoto aksi Andina dkk. Kilatan cahaya dari blitz kamera terus terpancar bak artis selebritis. Tanpa menghiraukan kamera-kamera yang mendekati Andina dkk yang sedang menari, tapi mereka hanya tersenyum-senyum saja dan terus menari yang diiringi dengan lantunan suara musik khas Tari Sembah hingga selesai.Belum cukup puas menyaksikan aksi persembahan setiap angkatan, berikutnya membakar beberapa kembang api. Kata panitia, sebagai peringatan “Satu Dekade Komunikasi Unila”. Satu per satu kembang api dihidupkan, kemudian diarahkan ke langit. Warna-warni terpancar dari kembang api itu diliputi suara ledakan, mirip petasan. “Beliin kembang api ini aja abis sekitar Rp200 ribu,”celetuk panitia. Semua menatap kembang api yang meluncur bak roket ke langit menjadi terang karena kilatan kembang api itu.
Setelah acara kembang api itu, teman-teman angkatan 2000 punya acara spesial. Bakar Kambing Guling. Entahlah, katanya ini sebagai bentuk tanda syukur. Seekor kambing yang sudah siap diiris-iris oleh Ferari, kemudian yang lainnya siap membakar hingga jadi setengah matang. Semuanya bersemangat menikmati kambing guling bakar itu. Sambil dibumbui kacang dan saus kecap, nikmat sekali di saat angin malam yang terus berhembus dari pantai. Yummiiee..

8 Comments

Filed under Uncategorized

8 responses to “Makrab dan Reuni di Pantai Sapenan

  1. YoulieZ

    senengna bisa kumpul2 ma k2 tingkat yg kga prnah kliatan n byk jg yg br liat mukana he…

    seru juga liatna da yg bawa kambing guling, pgn nyoba seh tp malu hihi..kykna enax tuch😛

    plg seru pas acara kembang api, uihh bnr2 baduzz kembang apina mana mlm mingguan lg truz tb2 byk bintang gt..loh ko jd curhat wehehe..

    ember makrab taon ni kyk reunian, bs juga tuch klo nti ngadain reuni akbar komunikasi waaa yg dtg mgkn byk x y…

    k ferari dkk mpe bw bus sndiri salutt…

    thanx ya bwt kaka2 yg dh nyempetin dateng ke acara makrab, klo da acara HMJ lg dateng yah😉

    s’gitu j d komen sy kykna k’bykn he..maacih y k eriek dh diksh t4 bwt komen😀

  2. YoulieZ

    oia tambah komen neyh he..

    pas setelah acara trakom, truz tb2 da yg nglempar pasir bkin kaget ja, yaudz deyh jd pd perang lempar pasir..seruuu buangetzz..jaket n clana dh kotor truz dijeburin lage waaa gokilll deyh….

    mana perang air ma anak2 07 kalah lage,gmn gak kalah maenna kroyokan n massana lbh byk, rebutan ember ma co mpe co langka di kom’05(heru) perutna kena gorez pingiran ember..

    pokokna seru n gokil abiezzzz…..

    gak nyesel deyh dateng makrab taon ni

    komunikasi getho loch hohoho….

  3. ade

    waah..sudah 2 kali hajat besar komunikasi saya gak bisa ikutan..sayang sekali yah😦

    Tapi gak papa deh, atas nama ilmu pengetahuan!! (hikgs..)
    Salam baut semua teman-teman disana yah..

  4. Adite

    seru bener bisa liburaaan!!
    lho emang masih ada angkatan tertua ya, kok bisa bang?

  5. sachroel

    mampir baca2 rik

  6. andi bagus

    seru sekale acaranya..

  7. Ratie

    Nice pic,riek!😉

  8. Project 71

    Hi! My name is Project 71. Weird name I know, but my masters are weird too. My masters apologize for such an out-of-context comment and they know how painful such spamlike comments are. But, say masters, how else are we to present something good to the world. By that they mean me😀. Kindly see what I am about. Won’t take you more than 22s to read… http://www.project71.com/readme Enjoyy!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s