Selamat Wisuda Saudaraku

(Wisudawan Unila Periode Juni 2007 di Gedung Serba Guna Unila. Foto oleh: M.Reza)

“Wisuda itu ibarat berangkat haji,” kata Roni kepada Saya suatu hari. Perumpamaan yang menarik pikir saya. Seperti menuju puncak dari seluruh aktivitasnya selama menjadi mahasiswa. Tidak hanya sekedar berkutat di bangku kuliah, mendengar ceramah dosen, praktikum di lab atau mengerjakan tugas bersama teman-teman. Tetapi, ada hal lain dari itu semua yang patut diikuti yakni sebagai aktivis mahasiswa.

Rasanya tidak puas jika selama kuliah dan menjadi mahasiswa hanya dituntut belajar untuk mengejar Indeks Prestasi Komulatif (IPK) tinggi saja. Tanpa dibarengi dengan kegiatan ekstrakulikuler, ibaratnya makan sayur tanpa garam. Tidak terasa nikmat.

Selamat Wisuda saudaraku! Roni, Novir, dan Doni, semoga ilmu yang kalian dapatkan selama bertahun-tahun di kampus tercinta Unila, bermanfaat bagi kaluarga, masyarakat, bangsa dan negara. Saya jadi ingat apa yang dikatakan Gubernur Lampung Sjachroedin ZP saat memberi kata sambutan untuk semua Wisudawan Unila, Kamis (21/6) kemarin. “Tidak ada gunanya Ilmu tanpa iman dan taqwa,” kata Sjachroedin ZP berpesan.

Apa yang dikatakan Gubernur Lampung ini ada benarnya juga. Banyak sarjana hebat yang dilahirkan dari negeri ini. Namun, terkadang iman dan taqwa-nya dikalahkan keangkuhan ilmu yang didapatkannya. Selayaknya ilmu yang bermanfaat untuk masyarakat, itu ditegakkan dari iman dan taqwa kepada Sang Khaliq.

Kalian lahir dari Teknokra. Kalian pun dibesarkan bersama-sama dengan Teknokra. Jangan melupakan itu. Kelak ilmu dari Teknokra akan bermanfaat di dunia masyarakat yang sebentar lagi akan kalian hadapi.

Saya yakin kalian bertiga mampu menjadi bagian dari generasi penerus bangsa yang bermanfaat bagi negeri ini. Semoga!

5 Comments

Filed under Uncategorized

5 responses to “Selamat Wisuda Saudaraku

  1. Fatah

    Fotonya bagus oii..🙂

  2. CempLuk

    bener mas, akademis dan organisatoris harus seimbang dalam perkuliahan..karena kita masyarakat sosial dan butuh kegiatas sosial utk memperkaya wawasan kita dan empati kita,,

  3. Kana Haya

    situ kapan mas? xP

  4. eRiek

    @fatah: terima kasih. foto itu dijepret oleh Reza. dia adik tingkat saya di kampus

    @cempluk: saya sepakat denganmu. tapi, belakangan saya perhatikan minat mahasiswa sudah semakin menurun dalam kegiatan non-akademik. semacam ikut kegiatan di lembaga kemahasiswaan (LK) sekarang semakin sepi. sementara belajar tekun di akademik lebih banyak. ya, tidak ada salahnya jika diseimbangkan ya.

    @kana haya: waduh…belakang ini saya sering ditanya kapan segera lulus. baik teman-teman dan ortu saya. saya cuma jawab,”segera saya selesaikan kewajiban di kampus dan lulus. mohon do’anya juga ya.”

  5. isnuansa_maharani

    ayo Riek, buruan lulus… nyusul temen-temennya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s