Seminar Wida Tentang Blog

Sekitar satu minggu lalu, seorang teman di jurusan, dan juga sekaligus adik tingkat, meminta kepada saya menjadi pembahas seminar untuk proposal skripsinya. Saya yang sama sekali belum pernah menjadi pembahas seminar, apalagi mengajukan usulan dan menjadi penyaji dalam proposal skripsi pun belum pernah sama sekali. Awalnya saya kaget kok tiba-tiba saya ditunjuknya untuk membahas proposal penelitiannya. “Kak Erie jadi pembahas saya yah,” bujuknya kepada saya ketika bertemu di BBS UnilaNet.

Ternyata penelitian yang dilakukan teman saya ini mengangkat tentang aktivitas para blogger di dunia internet. Melalui judul yang telah ia buat, yaitu: ”Weblog sebagai Media Aktualisasi Diri Para Blogger (Studi Kasus pada Komunitas Blog Family di Bandarlampung).” Judulnya menarik buat saya. Mungkin karena saya paham dengan dunia weblog dan juga aktif mengisi blog, jadi ia memilih saya. Kemudian, saya langsung terima tawaran Wida, teman saya yang ngebet meminta saya menjadi pembahas mahasiswa untuk proposal penelitian di seminarnya, Senin (1/8) kemarin. Selain saya sebagai pembahas mahasiswa, ada juga Jana ditunjuk sebagai pembahas kedua. Ia juga paham tentang blog, karena pengisi blog juga.

***

Pagi yang cerah sekitar jam 10 kurang, saya sudah tiba di parkiran motor tepat di depan gedung B FISIP Unila. Dari kejauhan, saya melihat Wida masuk ke gedung D yang bersebelahan dengan gedung B tempat saya parkirkan motor itu dengan jalan agak terburu-buru. Di gedung D lantai dua direncanakan seminarnya. Tapi, dari kejauhan di depan gedung itu tampak lengang. Sepi.

Saat saya menuju lantai dua, saya melihat hanya ada beberapa mahasiswa saja di sana, di luar ruang seminar. Saya hanya menduga, mereka akan mengikuti seminar Wida sebentar lagi. Tapi, saya melihat Wida agak kebingungan. Ia belum menyiapkan laptop untuk seminarnya. Di ruang seminar hanya ada seperangkat LCD projector menyorot ke dinding papan tulis. Sepertinya, Wida belum menyiapkan laptop yang dipinjam dari jurusan. Tapi, jam sudah lewat dari pukul 10. Dosen pembimbing dan pembahas belum juga muncul. Saya lagi-lagi mengumpat dalam hati, yah beginilah Indonesia. Jam karet. Selalu ngaret. Tidak pernah tepat waktu. Dosennya telat, tentu saja mahasiswa mengikuti dosennya ikutan telat.

Sekitar pukul 10.30, seminar baru dimulai. Semua dosen datang. Para peserta seminar yang kebanyakan teman-teman seangkatan Wida hadir di seminar. Untung saja semua kebutuhan Wida telah disiapkan sempurna sebelum dimulai. Tapi, ia masih terlihat panik karena sejumlah contoh weblog yang akan ditunjukkan di seminarnya, tidak bisa dimunculkan dengan sempurna. Beberapa foto dan gambar yang ditampilkan di pojector tidak ada. ”Mungkin waktu save dari internet, semua gambar dan foto di dalam folder tidak ikut ter-save,”kata saya mengomentari.

Tapi, meskipun rencana semula tidak sepenuhnya sempurna, tapi saya bisa menilai Wida telah berusaha dengan semampunya. Seminar pun berjalan dengan lancar dan ia menjawab pertanyaan demi pertanyaan dari saya, Jana, dan para dosen pembimbing, serta pembahas. Tak luput pula ada beberapa kesalahan yang ditulis dalam proposal skripsinya yang segera harus diperbaiki. Namun, seminar selama kurang dari dua jam itu berhasil ia lalui dengan baik. Selamat yah Wid.

1 Comment

Filed under Uncategorized

One response to “Seminar Wida Tentang Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s