Kecelakaan Kereta Api Terjadi (lagi)

Kecelakaan Kereta Api penumpang Limex Sriwijaya jurusan Kertapati (Palembang)-Tanjung Karang (Bandarlampung) terjadi sekitar pukul 7 pagi tadi (Sabtu, 16/08) di daerah Kampung Baru, Kedaton, Bandarlampung. Kereta api Limex Sriwijaya yang mengangkut penumpang dari arah Palembang itu menabrak lokomotif Kereta Api Batubara rangkaian panjang (babaranjang) yang sedang berhenti di jalur rel.

Sebelum terjadi kecelakaan itu, saya cukup sering lewat perlintasan di kawasan itu. Ada dua jalur rel kereta api di sana. Kereta api yang mengangkut babaranjang tidak berhenti di jalur biasanya. Justru berhenti di jalur satunya lagi. Dua jalur rel fungsinya untuk saling bergantian kereta api saat berpapasan di dua jalur rel tersebut. Intinya, salah satu kereta api harus berhenti dan menunggu kereta api yang berlawanan datang di jalur rel perlintasan sebelahnya.

Namun yang terjadi adalah kedua kereta api (kereta api penumpang Limex Sriwijaya dan kereta api babaranjang) berada pada satu jalur rel yang sama. Sehingga, tak dapat dihindarikan lagi kecelakaan kereta api penumpang Limex Sriwijaya menabrak Kereta api babaranjang pagi itu. Menurut sumber Okezone, sebanyak 8 orang penumpang meninggal dunia. Salah satunya adalah seorang masinis kereta api penumpang Limex Sriwijaya.

Teman saya, Redha dan Sony lebih awal datang ke tempat kejadian perkara (TKP). Mereka sempat memfoto-foto di TKP. Mulai dari kerusakan gerbong penumpang sampai seorang mayat yang meninggal karena terjepit di antara gerbong kereta api itu, diangkut para petugas polisi sambil mayat itu ditutupi dedaunan pisang keluar dari gerbong, lalu dibawa masuk ke dalam mobil ambulance yang telah menunggu tak jauh dari TKP.

Suasana di TKP yang merupakan Perkampungan Mahasiswa Kampung Baru dekat kampus Unila itu ramai orang. Kendaraan mobil dan motor banyak parkir di pinggir jalan yang sempit. Satu-satunya jalur menuju ke TKP. Saya datang ditemani Dody ke TKP naik motor. Lihat sekitar gerbong-gerbong yang hancur karena terjepit dengan sambungan gerbong lainnya. Sementara di bagian belakang gerbong (bukan paling belakang) ada gerbong restorasi (gerbong berisi dapur masak yang menyediakan makanan dan minuman untuk penumpang,red) terangkat di atas rel kereta api.

Di TKP saya sempat bertemu dengan Bayu dan Kak Dedi. Kata Kak Dedi, ada korban penumpang yang tewas tangannya terjepit dan lepas dari badannya di sela-sela gerbong. Di tayangan Fokus Indosiar dan Lampung TV langsung ditayangkan peristiwa kecelakaan kereta api tersebut. Saya lihat sungguh memprihatinkan ada korban yang kehilangan tangan (putus,red) sambil berbaring di tempat tidur rumah sakit.

Dari perkembangan berita Okezone menyebutkan masih menunggu investigasi dari Komisi Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) dari Jakarta. Penyebab pastinya masih belum diketahui.

Seingat saya, beberapa tahun yang lalu pernah pula terjadi kecelakaan kereta api penumpang menabrak sebuah gerbong babaranjang yang tertinggal dari lokomotifnya. Semoga kejadian kecelakaan Kereta api seperti ini tak akan terulang kembali kelak.

Link terkait:

25 Comments

Filed under blog, kecelakaan, lampung, unila

25 responses to “Kecelakaan Kereta Api Terjadi (lagi)

  1. turut sedih dengan tragedi yang lagi-lagi menyangkut transportasi massal. semoga keluarga korban tabah menghadapi musibah ini..

  2. TURUT BERDUKA CITA…Baru pulang dari kantor…jadi baru tau beritanya….

  3. Menyedihkan sekali transportasi rakyat. PT KA sebaiknya dibubarkan saja jika jalan di tempat, diganti dengan perusahaan swasta yang profesional.

    Lapooran pandangan mata yang hidup dan foto-fotonya sangat menggambarkan peristiwa tragis ini.

  4. Indah

    turut prihatin, semoga yang menjadi korban dapat kuat dan tabah, semoga sistem transportasi kita bisa mengambil hikmah dan memperbaiki kesalahan

  5. Turut berduka :(

    bulan kemarin saya melewati daerah sana :(.

  6. Turut berduka cita.. Apakah kecelakaan seperti ini masih akan terus terjadi??!

  7. turut berduka..

    lagi2 kecelakaan alat transportasi.. :(

  8. Innalillahiwainnailaihiraajiuun…
    Turut berduka cita :(

  9. Leli

    Saya yakin kecelakaan kereta api yg terjadi di bandar lampung karna keteledoran para penjaganya, saya berharap ke pada pemerintah indonesia agar keamanan lebih di siagakan lagi.

  10. songe'

    saya salah satu penumpang 160808 07.45.AM
    Innalillahiwainnailaihiraajiuun…

  11. sedih, dan hanya bisa berdoa

  12. dra

    turuk bel sungkawa yang sedalam-dalamnya, kepada keluarga korban yang ditinggalkan semoga tabah menghadapinya.

  13. wew, tanggal 22 malem nak ke jkt nih, cuma estapet. jadi pake kereta ke lampung dulu. mudah2an tidak terjadi apa2. amin

  14. :( usul, utk kurangi kecelakaan, usulkan dibikin dua jalur aja rel-nya, bisa gak ya di sana? kayak jalur Jawa selatan kini

  15. turut berduka, rel kreta bukan untuk diperjual-belikan so buat para pencuri rel, insaf……

  16. palembang udah rawan kriminal..
    rawan kecelakaan pula..

    turut bduka cita.

  17. sriwijaya

    @nana
    bukan di palembang kecelakaannya

  18. asep pirdaus

    mudah2 pihak kereta api lebih memperhatikan nya soal keselamatan warga

  19. mpaa

    aku ga tau sebenernya yang terjdi itu apa !!!
    tapi aku jg turut berdukacita ….

  20. faktornya kebanyakan dari human orror. mungkin krna petugas PPKnya ataupun Masinisnya. tapi semuaitu sudah kehendak yang kuasa.

  21. ================

    JASA PEMBUATAN IJAZAH

    ANDA BUTUH IJAZAH UNTUK MENCARI KERJA / MELANJUTKAN KULIAH / KENAIKAN JABATAN ?!?!
    KAMI JASA PEMBUATAN IJAZAH SIAP MEMBANTU ANDA UNTUK MEMENUHI KEBUTUHAN IJAZAH UNTUK BEKERJA ATAU MELANJUTKAN SEKOLAH / KULIAH.
    BERIKUT INI MERUPAKAN JASA YANG KAMI SEDIAKAN.

    -SMU:3.000.000
    -D3:6.000.000
    -S1:8.000.000

    * AMAN, LEGAL, TERDAFTAR DI UNIVERSITAS / KOPERTIS / DIKTI, BISA UNTUK MASUK(PNS, TNI, POLRI).

    JUGA MELAYANI PEMBUATAN SURAT SURAT PENTING SEPERTI:SIM, STNK, KTP, REKENING BANK, SURAT TANAH, AKTE KELAHIRAN.BPKB, N1, SURAT NIKAH, DLL.

    SYARAT:KTP/SIM,FOTO BERWARNA DAN HITAM PUTIH,UNIVERSITAS YANG DITUJU,IPK YANG DIMINTA(MAX 3,50),TAHUN KELULUSAN YANG DIMINTA,ALAMAT PENGIRIMAN YANG DIMINTA.KIRIM KE:arief_gagah@yahoo.com

    BERMINAT?

    HUB: 085736927001.

    (HANYA UNTUK YANG SERIUS SAJA)

    Nb:Semua manusia berhak meiliki pekerjaan dan pendidikan yang layak,entah dari kalangan atas,menengah dan bawah.Maka dari itu kami ada untuk anda yang mebutuhkan ijazah atau surat-surat penting lainnya.

  22. Turut berduka cita
    kecelakan kerta api terjadi lagi
    lagi-lagi menyangkut masalah Transportasi kereta api
    sekali lagi Turut berduka cita

  23. Turut berdukacita
    semoga keluarga yang di tinggalkan tetap diberi ke sabaran

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s