Budidaya Ikan Kerapu di Teluk Lampung

Ternyata tak hanya di Pulau Ayin saja berdiri bangunan/rumah yang terlihat layak dengan lengkap fasilitas di dalamnya bak cottage yang bisa buat disinggahi. Apalagi untuk menginap tentu saja menyenangkan karena pemandangan di sekitar pantai dan juga laut yang biru begitu ‘meneduhkan’ pandangan. Terasa sejuk dan damai.

Menyusuri ke beberapa pulau kecil lainnya, Saya melihat sebuah bangunan rumah kayu (bukan restoran,red) bercat coklat agak hitam. Saya merekam kesan bahwa bangunan rumah itu pastilah milik orang untuk kepentingan pribadi. Sama seperti di Pulau Ayin, dimiliki seorang Ayin saja. Bukan dikelola untuk wisata yang bisa mendatangkan wisatawan untuk berlibur di sana. Sayangnya tidak seperti yang diharapkan tadi. Ternyata pulau-pulau kecil dapat dengan mudah dimiliki orang, bukan negara yang memelihara pulau-pulau yang indah (bukan Indah ini, red). Hehe becanda kok Ndah :)

Rombongan kami di atas kapal motor bergerak medekat ke rumah itu. Tapi tidak sampai singgah ke sana. Tampak sepi dan tidak terlihat seseorang. Saya lupa nama pulau itu. Sepertinya tidak dijaga seorang pun.

Perjalanan berikutnya mampir di sebuah keramba dekat bibir pantai pulau kecil. Keramba adalah sebutan untuk sebuah tambak ikan yang dibuat orang secara sengaja yang diisi ikan-ikan untuk dibudidayakan. Kira-kira luas keramba itu 50mx50m. Ada sebuah gubuk di atas keramba itu terlihat kosong. Saya tidak melihat seorang pun di atas keramba itu. Melihat air laut yang begitu jernih dan biru, ingin rasanya menyelam dan melihat dasar laut.

Berselang beberapa menit kemudian, kapal motor merapat di pinggir keramba itu. Saya melangkah ke atas keramba yang pelampungnya dari drum-drum plastik yang diikat sehingga menjadi sebuah keramba yang mengapung di atas laut. Tampak ikan-ikan kecil di dalam jaring keramba itu. Ikan kerapu(?)

Saya tak pernah membayangkan sebelumnya kalau ikan kerapu ternyata cukup mahal jika dijual di pasaran. Apalagi untuk ekspor ke luar negeri. Harga Kerapu hidup bisa mencapai Rp100ribu-200ribu/kilogram. Sungguh menggiurkan. Memegang ikan itu saja belum pernah, apalagi untuk memakan ikan mahal itu saya belum pernah. Tapi, hari itu saya melihat ratusan ikan-ikan kerapu kecil yang sedang dibudidayakan kelompok masyarakat setempat.

Tapi, ada sebuah keramba besar yang dimiliki pengusaha di tempat yang berbeda. Kata bapak-bapak di rombongan kami, pengusaha itu tinggal di Bandarlampung. Di keramba besar itu banyak para pekerja yang rutin memotong-motongi ikan-ikan kecil. Ikan-ikan kecil itu adalah makanan untuk ikan-ikan kerapu di dalam keramba jaring. Tempatnya masih dekat dengan Pulau Legundi. Pulau dengan luas 1.742 Ha ini adalah salah satu dari pulau kecil lainnya yang berada di Teluk Lampung.

peternak-budidaya-ikan-kerapu-macan

Ada sekitar 300 petak lebih tambak ikan kerapu di sana. Satu petak tambak ikan kerapu itu kira-kira bernilai Rp7juta. Artinya, jika panen besar budidaya ikan kerapu itu bernilai Rp2,1miliar. Wow!! Luar biasa bukan?

Di keramba besar itu, ada dua jenis ikan kerapu, yakni kerapu macan dan kerapu bebek. Budidaya Ikan kerapu di kawasan ini memang sangat potensial karena komoditas tersebut merupakan salah satu mata ekspor yang sangat digemari pasar Hongkong dan Taiwan. Pada tahun 2002 diekspor sekitar 13,6 ton kerapu berbagai jenis dengan total nilai ekspor mencapai 209.870 dollar Amerika (AS).

Tak hanya keelokan laut yang indah, pulau yang menawan, tapi ada juga pembudidayaan ikan yang benar-benar ‘emas’ karena begitu mahalnya ikan ini dijual di pasaran internasional. Entahlah apa yang begitu menggiurkan saat menyantap ikan kerapu ini. Mungkin bagi lidah orang Hongkong dan Taiwan saja yang bisa merasakan nikmatnya ikan kerapu.

Ada yang tertarik langsung mencoba budidaya Ikan Kerapu di sini? Sepertinya menarik ya kalau ingin dicoba. Apalagi melihat peluang pasar yang menggiurkan harganya. Tapi untuk merawatnya juga cukup mahal. Ya sebanding dengan harga jual di pasar ekspor. (Gambar di atas: Ikan Kerapu).

About these ads

50 Comments

Filed under lampung, laut, pantai, traveling

50 responses to “Budidaya Ikan Kerapu di Teluk Lampung

  1. wow! gila, potensinya besar juga, ya! kalo disokong berbagai pihak dan dijadikan “pusat kerapu dunia” bisa keren kali, ya… dan bisa meningkatkan juga kesejahteraan masyarakat sekitar, membuka entah berapa banyak lapangan kerja. ngomong-ngomong, ikan kerapu itu memang enak, kok :D

  2. Indah

    wah, bukan yang peRtamaXx
    oy oy.. namo aku disebut-sebut..but..but.. hehehe
    rie..jalan-jalan terus, oleh-oleh jangan lupo

  3. saya lebih tertarik makan ikan nya :lol:

  4. Au'

    Kalo semahal itu jd penasaran pengen nyicip rasanya kalo kerapu sdh diolah jd masakan :)

  5. woy boreraaa.. peh kito komersilke bae artikel mamang nih ke deparetemen pariwisata.. lumayan mang, gek royaltinyo kito belike modem baru yeeeeeeeeh.. :D biar acak ngejunk malem2 lagi.. huhuhu.. rindu sayah akan suasana itu… huhuhu..

  6. Ikan Kerapu makan kedondong
    Jalan2 terus, mano oleh-olehnyo dong!

    *ngarep

  7. sip tuh beritanya……sekalian numpang parkir ya om

  8. adi

    masa sih lom pernah makan ikan kerapu… kebiasaan makan mujair sih……

  9. dee

    keren banget… jadi terinspirasi untuk berkarya

  10. Memang meyakinkan bahwa dengan harga ikan kerapu setinngi itu, akan menimbulkan minat bagi petani tambak untuk segera mengolah sumberdaya alam akan segera menjadi dollar. Namun saya yakin ini tidak mudah itu , tapi bayak liku-liku yang harus di hadapi yang berhubungan degan modal dan skill ….OK. Terima kasih.

    Wassalam.

  11. sanani

    tolong informasi berapa dosis pakan untuk ikan kerapu yang di budidaya di tambak, baik dosis pakan buatan maupun ikan rucah.

    terima kasih

  12. harry

    sy pernah ke sibolga, persis sama seperti tambak di atas, setelah ikannya besar, mereka angkut ke tengah laut ke perairan international dan disana sdh ada kapal dari hongkong yang siap menampungnya.

    hebat nian

  13. Ramdhan Ashari

    wow…..hasilnya besar banget.bagaimana cara budidaya ikan kerapu?tlong dibalaz…

  14. Haris

    Mohon di informasikan berapa harga ikan kerapu per kilogram, saya mau mendatangkan untuk di pulau Bali. Hubungi saya 08179753842 / 0361-8501713 Haris, JL. Tri Hyang No. 14 Kedonganan Kuta bali 80361 Indonesia

  15. gila bener usaha ikan kerapu memang menggiurkan.. bagaimana cara memulainya usaha ini..saya ingin mengembangkan usaha ini..tolong informasinya..

    • lukman

      mantap usaha ikan kerapuhnya..
      bisa ajari cara pemeliharaaan ikan kerapuh..
      di kampuz tidak begitu menyeluruh pembahasanya….tolong informasinya……..

  16. Muhammad

    saya punya lahan tambak bekas tambak udang windu seluas 5 Ha, saya mencari mitra kerja untuk budidaya krapu, kalau ada yang berminat hubungi saya di E-mail latifputra@yahoo.com atau di no. 081357636766

  17. julia

    Saya suplier sea food. Tolong informasinya u tambak kerapu totol atw susu, yang harganya sekitar Rp. 25.000/kg. Pemakaian 1 ton/bln. Kalau ada yg punya tlg hubungi ke email saya : juliahusada@yahoo.com. Juga u sea food lainnya seperti cumi atw udang.

  18. wah di mana ya posisi teluk lampung ini ? pengen berkunjung ke sana.

  19. yudha

    saya produksi benih kerapu bebek, macan dan kerapu lumpur di singaraja bali, kalau ada yang membutuhkan benih bisa hubungi saya di no hp 081338750090 trm ksh…

  20. Dedi

    Saya berada di wilayah jawa barat, tolong minta informasinya berapa harga ikan kerapu perkilo soalnya saya perlu lumayan banyak…….tolong di email ke saya TRIM

  21. yandris patras

    saya tinggaL di maluku utara, tepatnya di kab.HAMAHERA TENGAH, kec. GANEBARAT, desa BOSSO.
    saya memiLiki keramba keciL kecilan, saya mau tanya.:
    1. kira2 saya bisa dapat benih kerapu macan,bebek dimana.?
    2. bagaimana cara hingga benih kerapu bisa saya terima di tempat saya (alamat diatas)
    3. bagaimana sistem penjualannya.??

    harap dibalas ke email saya
    c4rlo.therock@gmail.com

  22. boleh ngak tukar pikiran masalah budidaya ikan kerapu mas

  23. Harga di resto seafood *5 (hidup)
    Kerapu macan = 40 US$/kg
    Kerapu tikus= 65 US$/kg
    Kerapu merah= 80 US$/kg

  24. rahmat irawan

    hem jadi pengen tau pemasarannya kemana jea,,,,

  25. febri

    saya bisa nyediakan anakan ikan kerapuh dari ukuran 3-7 cm…085236111111 (febri)

    • samuel

      Mas… Jenis kerapu apa saja yang ada…?? kalo untuk anakan kerapuh yang masih berusia 30 hari ada gk…??

      tolong di konfirmasi y Samuel(085246035852)

  26. rudi

    numpang lewatt…

  27. samuel

    saya mau nanya… kalo harga bibit ikan kerapu yang baru berusia 30 hari berapa ya, untuk semua jenis ikan kerapu… Terima Kasih

  28. samuel

    saya membutuhkan tenaga ahli dalam pembenihan ikan kerapu untuk dipekerjakan di TAWAU (MALAYSIA).

    info lebih lengkap hubungi di no ini +60168392354
    Terimah Kasih

  29. saya petani kerapu,ada bibitan kerapu lumpur

  30. saya petani kerapu,ada bibitan kerapu lumpu

  31. anggi

    mengelolah kerapu dari bibit hingga pembesaran memang mengasyikan..serasa mempunyai dunia baru

  32. meitty

    saya sangat tertarik dengan budi daya ikan kerapu….yang ingin saya tanyakan gimana cara membudidayakannya….gimana pemasarannya???kebetulan saya di maluku gimana pemasarannya???trims

  33. amon

    bombana potensi untuk budidayakan ikan kerapu, dan saya tertari untuk itu, adakah dari pihak terkait yang dapat memberikan traning untuk budidaya tersebut?
    hp. 081341832451

  34. amon

    bombana potensi untuk budidayakan ikan kerapu, dan saya tertari untuk itu, adakah dari pihak terkait yang dapat memberikan traning untuk budidaya tersebut?

  35. agus irawan

    asalamualaikum saya mau tanya. saya rencana nya mau buka budidayah kerapu lumpur dan kerapu kertang di tambak .kalau harga pemasaran ekspor dan lokal berapa dan pemasaran nya kemana.? tolong di balas
    trimakasi. twitter; @agosirawan/pin bb;3166dc87/081515164626

  36. dony

    Saya mencari kerapu macan dengan size 2kg – 3 kg dmana tlg kalau Ada di info ke email saya minamas56@yahoo.co.id

  37. frandy joe

    halo saya sdg mencari ikan groupe merah budidaya live ada frozen

  38. dirman fauzi

    coba kirimin tehnis dan cara pembuatannya om, bagus banget usaha itu dan saya sangat tertarik

  39. dodi

    minta bantuan donk teknis awal memulai usaha tmbak ikan ini bgmn…….

  40. johan

    mohon info. harga pasaran ikan kerapu macan untuk saat ini berapa harga nya. untuk daerah medan. terima kasih

  41. wow, kerapu itu ikan mahal mas, klo bli hidup di penampungnya di daerah kebagusan dalam, jakarta yg kerapu bebek sm lodi 400rb skilo, kerapu macan 125 rb skilo…
    klo dah di resto chinese bs dua sampai tiga kali lipat, biasanya di tim ala hongkong….

  42. wahhh daripada budi dayanya mendingan saya makannya aja deh hehehe

  43. wah keren tambaknya,,, budidayanya lgsg di sungai itu yak gan?

    kalau ada yang mau budidaya ikan di tambak/kolam menggunakan terpal, kita ready menerima pesanan gan. 0888 0651 4594

    Terimakasih
    http://www.indoplastik.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s